Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , » Tips Memilih Pendamping Hidup

Tips Memilih Pendamping Hidup

Kecocokan pasangan hidup bisa dinilai dari segi agama dan fisik. Jika Anda telah cocok dari dua segi tadi, begitu juga calon pasangan Anda, maka itu adalah pasangan terbaik bagi keduanya

Namun jika yang Anda dapati hanya kecocokan agamanya bukan fisiknya, mungkin ada suatu kebaikan yang telah ditetapkan Allah SWT untuk Anda. Oleh karena itu, lebih baik Anda melangsungkan pernikahan dari pada mempertahankan untuk tidak menikah hingga akhir hayat, karena dalam pernikahan ada suatu hikmah yang besar. 

Pilihlah pasangan yang baik dari segi agama, keturunan dan keluarga serta mempunyai akhlaq yang mulia. Rasulullah SAW bersabda :

شِرَارُكُمْ عُزَّابُكُمْ وَأَرَاذِلُ مَوْتَاكُمْ عُزَّابُكُمْ


“ sejelek-jelek kalian adalah yang tidak mau melaksanakan pernikahan, dan sehina-hinanya mayit-mayit kalian adalah yang tidak pernah menikah (di atas dunia)“


Karena orang yang tidak menikah di dunia pastinya nihil dari doa anak-anak yang sholeh. Oleh karena itu langsungkan pernikahan dengan orang-orang yang tepat utamanya dari segi agama, keturunan, dan keluarganya.


Sesungguhnya Allah menciptakan manusia berpasang-pasangan. Allah SWT berfirman :

وَمِنْ آَيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً


Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang.


Pasangan hidup ada kalanya baik dan ada kalanya tidak baik. Bagi orang baik, sepantasnya mendapatkan pasangan yang baik  pula. Demikian sebaliknya, bagi orang yang tidak baik sepantasnya mendapatkan pasangan yang tidak baik pula. Allah SWT berfirman :

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ


Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).


Karena itulah perlu memilih pasangan yang baik sebelum melaksanakan pernikahan dengaan menilai segi akhlaq, ibadah, perangai, perbuatan dan lain-lain.


Ta’aruf yang dibenarkan oleh islam dengan cara melihat fisik calon pasangannya (wajah dan kedua telapak tangan) ketika berminat untuk menikah. Hal ini dimaksudkan agar keduanya tidak kecewa setelah pernikahan. Melihat hanya dibolehkan menurut kebutuhan saja, walaupun berulang kali jika melihat pertama belum mantap.


Mengenal akhlaq bukan dengan cara ber-SMS atau berbicara secara langsung atau via telepon. Namun bisa diketahui dari lingkungan, keluarga, turunan dan teman-temannya. Anda dapat mencari informasi tentang akhlaqnya dan akhlaq keluarganya, pendidikannya dan pergaulannya di sekolah atau di pondok juga teman-temannya serta aktivitasnya. Karena itu semua menggambarkan keadaan laki-laki/ wanita tersebut yang sebenarnya. Ini adalah ta’aruf (mengenali) yang baik, bukan dengan melanggar batas apalagi sampai pada persentuhan atau lainnya. Oleh karena itu janganlah menilai dari fisik (dhohir) saja, tapi juga dari lingkungan, keluarga, akhlaq dan teman-temannya.


Keraguan terhadap calon suami itu menjadi hak anda untuk berfikir menentukan pasangan anda dan calon ayah/ ibu anak-anak anda. Tepat sekali istikharah dan musyawarah dengan orang-orang dekat dilakukan. Rasulullah SAW bersabda :

مَا خَابَ مَنِ اسْتَخَارَ وَلَا نَدِمَ مَنِ اسْتَشَارَ


“ tidak akan sia-sia orang yang beristikharah dan tidak akan menyesal orang yang bermusyawarah”




Habib Taufiq Bin Abdul Qadir Assegaff
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger