Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Pasar di Surga

Pasar di Surga

 وخرج مسلم أيضاً «عن أنس بن مالك أن رسول الله صلى الله عليه وسلم: قال: إن في الجنة لسوقاً يأتونها كل جمعة فتهب ريح الشمال فتحثو في وجوههم وثيابهم المسك فيزدادون حسناً وجمالاً فيرجعون إلى أهلهم وقد ازدادوا حسناً وجمالاً فيقول لهم أهلهم والله لقد ازددتم بعدنا حسناً وجمالاً فيقولون وأنتم والله لقد ازددتم بعدنا حسنا وجمالا .



Dari  anas bin malik sesungguhnya Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :



"Sesungguhnya disurga ada pasar, para ahli surga mendatanginya setiap hari jum'at, kemudian berhembuslah angin utara menyebarkan minyak misik pada wajah dan baju mereka maka mereka jadi bertambah indah dan elok, kemudian mereka kembali kepada keluarganya dan mereka telah benar-benar bertambah indah dan elok.



Keluarga mereka berkata ," demi Allah, kalian telah benar-benar bertambah indah dan elok setelah kami."



Mereka berkata: " dan kalian demi Allah juga bertambah indan dan elok setelah kami." (HR.Muslim)



 الترمذي «عن سعيد بن المسيب أنه لقي أبي هريرة، فقال أبو هريرة أسأل الله أن يجمع بيني وبينك في سوق الجنة.

 فقال سعيد أفيها سوق؟ قال: نعم، وذكر الحديث وفيه: فتأتي سوقاً قد حفت به الملائكة.

 فيه مالم تنظر العيون إلى مثله ولم تسمع الآذان ولم يخطر على القلوب، فيحمل لنا ما اشتهينا ليس يباع فيها ولا يشتري، وفي ذلك السوق يلقى أهل الجنة بعضهم بعضاً قيقبل ذو المنزلة المرتفعة فيلقى من هو دونه وما فيهم دني فيروعه ما عليه من اللباس، فما ينقضي آخر حديثه حتى يتمثل عليه ما هو أحسن منه وذلك أنه لا ينبغي لأحد أن يحزن فيها» .



Dari Sai'd Ibnu Musayyab sesungguhnya beliau bertemu dengan Abu Hurairoh,



Abu Hurairoh berkata : " aku memohon kepada Allah agar mengumpulkan antara aku dan kamu di pasarnya surga "



Sa'id berkata : " adakah surga di sana ?"



Abu Hurairoh menjawab : " iya " dan beliau menyebutkan hadisnya. Yang termasuk dalam hadis adalah,

kemudian ahi surga mendatangi pasar yang telah dikelilingi oleh para malaikat, di dalam pasar terdapat apa-apa yang semisalnya belum pernah terlihat oleh mata, belum pernah terdengar oleh telinga juga belum pernah terbersit didalam hati, kemudian kami membawa apa saja yang kami sukai tanpa ada pembelian disana juga tanpa penjualan.



Di dalam pasar tersebut sebagian ahli surga saling bertemu dengan sebagian yang lainnya, maka ahli surga yang berada pada derajat tinggi bertemu dengan ahli surga yang berada pada derajat bawahnya. Apa yang pada mereka rendah maka pakaian akan membuatnya menjadi bagus dan indah."



Maka tidaklah selesai sampai akhir hadisnya Abu Hurairoh hingga beliau menggambarkan padanya apa yang lebih indah daripadanya, dan hal itu disebabkan tidak sepantasnya bagi seseorang untuk bersedih di dalam surga." (HR.At turmudzi).



Dinukil Dari Kitab At Tadzkirah Karya Imam Al Qurtuby oleh PISS-KTB
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger