Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , » Hukum Mengebiri (Memandulkan) Hewan

Hukum Mengebiri (Memandulkan) Hewan

Hukum mengebiri hewan apabila ada hajat, maka diperbolehkan menurut jumhur ulama


جاء في الموسوعة الفقهية الكويتية (19/122) :
( قَرَّرَ الْحَنَفِيَّةُ أَنَّهُ لاَ بَأْسَ بِخِصَاءِ الْبَهَائِمِ ؛ لأنَّ فِيهِ مَنْفَعَةً لِلْبَهِيمَةِ وَالنَّاسِ .

وَعِنْدَ الْمَالِكِيَّةِ : يَجُوزُ خِصَاءُ الْمَأْكُول مِنْ غَيْرِ كَرَاهَةٍ ؛ لِمَا فِيهِ مِنْ صَلاَحِ اللَّحْمِ . وَالشَّافِعِيَّةُ فَرَّقُوا بَيْنَ الْمَأْكُول وَغَيْرِهِ ، فَقَالُوا : يَجُوزُ خِصَاءُ مَا يُؤْكَل لَحْمُهُ فِي الصِّغَرِ ، وَيَحْرُمُ فِي غَيْرِهِ . وَشَرَطُوا أَنْ لاَ يَحْصُل فِي الْخِصَاءِ هَلاَكٌ . أَمَّا الْحَنَابِلَةُ فَيُبَاحُ عِنْدَهُمْ خَصِيُّ الْغَنَمِ لِمَا فِيهِ مِنْ إِصْلاَحِ لَحْمِهَا ، وَقِيل : يُكْرَهُ كَالْخَيْل وَغَيْرِهَا وَالشَّدْخُ أَهْوَنُ مِنَ الْجَبِّ . وَقَدْ قَال الإْمَامُ أَحْمَدُ : لاَ يُعْجِبُنِي لِلرَّجُل أَنْ يَخْصِيَ شَيْئًا ، وَإِنَّمَا كُرِهَ ذَلِكَ لِلنَّهْيِ الْوَارِدِ عَنْ إِيلاَمِ الْحَيَوَانِ . وَاسْتَدَلُّوا بِمَا رُوِيَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَال : نَهَى رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ إِخْصَاءِ الْبَهَائِمِ نَهْيًا شَدِيدًا "1"
_______________
(1) حديث : " نهى عن إخصاء البهائم نهيا شديدا " . أخرجه البزار ( 2 / 274 - كشف الأستار - ط الرسالة ) من حديث عبد الله بن عباس ، وقال الهيثمي : " رجاله رجال الصحيح " مجمع الزوائد ( 5 / 265 - ط القدسي ) . وانظر الهداية مع فتح القدير 8 / 131 ، والزرقاني 2 / 237 ، وحاشية عميرة على المحلي 3 / 204 ، المغني 8 / 625 ، والآداب الشرعية 3 / 144 ) .


Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad:


عن ابن عمر قال : نهى رسول الله - صلى الله عليه وسلم - عن خصاء الخيل والبهائم


Dari Ibnu Umar, berkata: Rasulullaah shallallaahu 'alaihi wasallam melarang mengebiri kuda dan bahaa`im


Keterangan dan Catatan dari hadist tersebut:


Pertama, Al Hafizh al Haitsami dalam kitab Majma'uzzawaa`id berkata:


رواه أحمد ، وفيه عبد الله بن نافع وهو ضعيف

(HR. Ahmad, di dalamya ada Abdullah bin Nafi dan dia dha'if)


Kedua, Syeikh asy Syaukaani dalam nailul Authar berkata:


وفيه دليل على تحريم خصي الحيوانات

dan didalam hadits tersebut menunjukkan diharamkannya mengebiri hewan


Ketiga, Imam Nawawi dalam syarah Muslim mengutip pendapat Imam Baghawi:


قال البغوي : وكذا يحرم خصاء كل حيوان لا يؤكل ، وأما المأكول فيجوز خصاؤه في صغره ، ويحرم في كبره . والله أعلم

Al Baghawi berkata: begitu juga haram mengebiri seemua hewan yang tidak boleh dimakan.
Adapun hewan yang boleh dimakan boleh mengebirinya ketika masih kecil, dan haram ketika sudah besar.


Tambahan, Dalam Hasyiyah 'Umairah 'alal Syarhil Mahalli juz III halaman 204, cetakan Musthafa al Baabi al Halabi, 1340 H / juz III halaman 205 (makatabah syamilah)


ويجوز خصاء ما يؤكل لحمه في الصغر فقط . ويحرم في غيره

Boleh mengebiri hewan yang halal dimakan ketika kecil saja, haram dalam yang lainnya.


Menurut Madzhab Hanafi, Dalam kitab Fat-hul Qadir libn Humam dijelaskan


قال ( ولا بأس بخصاء البهائم وإنزاء الحمير على الخيل ) ; لأن في الأول منفعة للبهيمة والناس . وقد صح { أن النبي عليه الصلاة والسلام ركب البغلة } فلو كان هذا الفعل حراما لما ركبها لما فيه من فتح بابه …tidak apa-apa mengebiri hewan......


Menurut Madzhab Maliki, Dalam kitab Minahul Jalil li Muhammad ‘Uleisy dijelaskan


وحرم خصاء آدمي إجماعا ، وكذا جبه وجاز خصاء بغل وحمار قاله ابن يونس إذ لا يجاهد عليهما وفرس مكلوب . وفي الحديث النهي عن خصاء الخيل فحمل على تحريمه لتنقيصه قوتها وإذهابه نسلها ، وهذا خلاف قوله تعالى { ومن رباط الخيل ترهبون به عدو الله وعدوكم

Dan boleh mengebiri bighal dan khimar…. Dan di dalam hadits ada larangan mengebiri kuda, maka itu dimuhtamilkan diharamkannya.


Menurut Madzhab Syafi’i, Dalam kitab Nihayatul Muhtaj lirramli dijelaskan:


ويحرم الخصاء إلا لصغار مأكول

Dan haram mengebiri kecuali hewan kecil yang halal dimakan


Menurut Madzhab Hanbali, Dalam kitab Kasyful Qinaa lil bahuuti dijelaskan:


ويكره خصي غير غنم وديوك

Dan makruh mengebri selain kambing dan ayam jago


Hukum mengebiri kambing dibolehkan, apabila demi kemaslahatan, semisal karena lebih menguntungkan sehingga kambing lebih gemuk, atau untuk meminimalisir kerugian.


عَنْ اَبِى رَافِعٍ رض قَالَ: ضَحَّى رَسُوْلُ اللهِ ص بِكَبْشَيْنِ اَمْلَحَيْنِ مَوْجُوْءَيْنِ خَصِيَّيْنِ. احمد فى نيل الاوطار 5: 135

Dari Abu Rafi’ RA, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah berqurban dua ekor kambing kibasy yang bagus yang dikebiri”. (HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 5, hal. 135)





http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/465725086783638/?comment_id=466242570065223&offset=0&total_comments=40 oleh Ust. Ibnu Toha, Abdullah Afif, Mbah Cemeng, dan PISS-KTB
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger