Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Menuliskan Sholawat

Menuliskan Sholawat

Syaikh Mahfudz Termas dalam kitab Hasyiahnya mengatakan, keutamaan menuliskan shalawat berdasarkan hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhary ra. Bersabda Rasulullah saw;



 مَنْ صَلَى عَلَيَّ فِي كِتَابٍ لمَ ْتَزَلْ الْمَلآئِمَكَةُ تُصَلِّيَ عَلَيْهِ مَادَامَ اسْمِيْ فِيْ هَذِهِ الْكِتَابِ


siapa yang bershalawat kepadaku lewat tulisan, maka tiada henti-hentinya para Malaikat bershalawat kepadanya, selagi namaku berada pada tulisan tersebut.



Beliau juga mengatakan, bahwa hadits ini juga diriwayatkan oleh At-thabary dalam kitab Al-Awsath, diriwayatkan juga bapak dari guru saya (mushanif kitab IanatuthThalibin; Syaikh Muhammad Syatha) dalam kitab Ats-Tsawab, dan syaikh Al-Mustaghfiry dalam Ad-Daawat. 

Secara dzahir (tekstual) hadits, yang dimaksud adalah menuliskan lafal shalawat, karena orang yang menuliskan shalawat menjadikan kelanggengan para Malaikat mendokan kebaikan (bershalawat kepadanya), sebagaimana yang dituliskan Al-Fasy dalam kitab Dalailush-shalawat (Hal. 36).



Selain itu, Syaikh Al-Kurdy (mushanif kitab Al-Mawahib Al-Madaniyah) juga mengatakan, As-Sakhawy dalam kitab SyarhAl-Fiyah Ibn Malik, hal. 111. Mengatakan sebagaiman hadits nabi Muhammad saw yang diriwayatkan Abu Hurairah ra.



 مَنْ كَتَبَ فِيْ كِتَابِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، لَمْ تَزَلْ الْمَلآئِكَةُ تَسْتَغْفِرُ لَهُ مَادَامَ فِيْ كِتَابِهِ

siapa yang menulis dalam tulisannya lafal shallallahu alaihiwasallam, maka tiada henti-hentinya para Malaikat memohonkan ampunan kepadanya selagi lafal tersebut masih ada pada tulisannya.



Demikian penjelasan menuliskan shalawat nabi, sedangkan keterangan keutamaan melafalkan shalawat sudah sangat banyak, bahkan jarang sekali seseorang yang tidak mengetahuinya (dlaruratul-ilm), baikhhadits nabi atau keterangannya. Wallahualam.


Ust. Ulinnuha Asnawi
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger