Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Terbukanya Aurat Secara Tiba-tiba (2)

Terbukanya Aurat Secara Tiba-tiba (2)

Untuk menutupi aurat yang terbuka saat sholat boleh menggunakan apa saja hingga tangannya sendiri asalkan tidak sampai membuat gerakan yang dapat membatalkan sholat (tiga kali secara terus menerus) Syafi'iyyah. Bila terbukanya saat duduk, dianggap cukup tertutupnya aurat oleh tanah/alas sholat.

Dianggap cukup memakai benda yang mampu menutup aurat dalam sholat walaupun masih menampakkan lekuk tubuhnya hanya saja bagi laki-laki hukumnya Khilaaf aula (tabu), bagi wanita dan banci hukumnya makruh. [ Iaanah at-Thoolibiin I/113 ].



Kewajiban menutup aurat dalam sholat itu Min A'laa Wa Jawaanib 'dari sisi atas dan seputarnya kanan, kiri, depan dan belakang' tidak dari sisi bawah sehingga bila terlihat dari bawah semisal sholat ditempat tinggi (dan tanpa pengaman) atau terlihat saat sujudnya tidak masalah



 ( قوله لا من الأسفل ) أي فلو رؤيت من ذيله كأن كان بعلو والرائي بسفل لم يضر

 أو رؤيت حال سجوده فكذلك لا يضر كما في حجر



Iaanah at-Thoolibiin I/113



Kalau di luar sholat terlihatnya lekuk tubuh meskipun sudah tertutup rapat tidak dikatakan menutup aurat. Hal ini berarti pakaian press body tidak termasuk menutup aurat, tapi termasuk pakaian yang merangsang lawan jenis.



 وقوله بذلك أي بما لا يصف لون البشرة في خصوص مجلس التخاطب

 ( قوله ويكفي ما يحكي لحجم الأعضاء ) أي ويكفي جرم يدرك الناس منه قدر الأعضاء كسراويل ضيقة

 وقوله لكنه خلاف الأولى أي للرجل وأما المرأة والخنثى فيكره لهما



Bolongan pakaian kain dan sebagainya di seputar aurat pasti terlihat warna kulit bila ditilik dari lubang pakaian tersebut, maka harus bagaimanakah ?



Asalkan tidak kelihatan dalam ukuran Majlis Attakhotthub 'jarak biasa dalam berbincang', maka tidaklah masalah, meskipun bila diperhatikan seksama atau dipandang dari jarak lebih dekat memang bolong.



 وقوله: في مجلس التخاطب قال ع ش: هو يقتضي أن ما منع في مجلس التخاطب وكان بحيث لو تأمل الناظر فيه مع زيادة القرب للمصلي جدا لادراك لون بشرته لا يضر.



 Hasyiyah Iaanah at-Thoolibiin I/134


Pustaka Ilmu Sunniyyah Salafiyah
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger