Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Kesabaran Atas Kemiskinan

Kesabaran Atas Kemiskinan

Ketahuilah bawasannya orang-orang fakir dan miskin dan orang-orang yang lemah dunianya itu adalah salah satu bentuk ujian dari dzat yang mulia Allah SWT, Allah SWT ingin melihat bagaimana kesabaran mereka, Allah SWT ingin melihat bagaimana keridoaan mereka atas semua Qodo’nya Allah ta’la, siapa yang sabar diantara mereka, Mereka akan mendapatkan pahala yang sangat besar sekali, dan apa bila mereka tidak sabar dan tidak menerima apa yang telah diberikan oleh Allah SWT maka mereka orang yang sangat merugi.


Allah SWT mengatakan didalam ayatnya yang indah : Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.( Al Baqarah 155-157 ).


Nikmat wahai Kaum muslimin apa bila kita mampu sabar kita akan mendapat kecintaan dari Allah SWT, mendapat kebahagiaan dari tuhan kita Allah. Kita harus menikmati ujian yang Allah SWT berikan kepada kita semua ada hikmahnya, semua ada fadilah nya dari yang mulia Allah SWT.


Allah SWT berkata : Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu, dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu.( Muhammad 31 ).


Kita sebagai Ummat Nabi Muhammad Saw harus mempunyai sifat sabar, dan sabar itu tidak ada batasnya sampai kita menutup mata, Allah SWT akan memberikan ganjaran kepada orang yang bersifat sabar, dengan ganjaran yang sangat besar.


Allah SWT berkata : Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu.” Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.( Az Zumar 10 )


Nabi Muhamamd Saw mengatakan : Siapa orang yang ingin mendapat kebaikan dari Allah SWT maka dia diuji. ( HR Bukhori ).


Alhabib Shollallhu Alahi wasallam berkata : Sesungguhnya Allah SWT apabila mencintai hamba nya maka Allah akan uji dia, apabila orang tersebut ikhlas dan rido’ maka Allah akan rido kepadanya, tapi sebaliknya apabila orang tersebut tidak rido’ maka Allah akan murka kepadanya.


Wahai ‘Ibad yang dimuliakan Allah SWT, sugguh kita harus mempunyai sifat sabar, sifat itu yang akan menaikkan derajat kita di sisinya, sifat yang akan menyebabkan kita terhindar dari murka Allah, tapi yang kita lihat sekarang banyak sekali ummat yang tidar sabar hingga mereka melakukan hal-hal yang dimurkai Allah, melakukan sesuatu yang bisa menjauhkan dia dari kasih sayang Allah SWT.
 
Kaum muslimin dan muslimat sabarlah kalian, sabarlah dengan semua keputusan Allah, dengan hukum Allah, kalau kita ditakdirkan menjadi orang yang fakir, orang yang miskin, orang yang lemah, jadilah orang fakir, orang miskin, dan orang lemah yang cinta Allah, yang selalu bersyukur kepada Allah, yang selalu beribadah kepada Allah. Katakanlah selalu kalimat yang indah yaitu lafadz Allah Allah Allah, Birohmatika Ya Arhamarrohimin



Habib Muhammad Shahab
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger