Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Keistimewaan Yaasiin: Hatinya Alquran

Keistimewaan Yaasiin: Hatinya Alquran

Kita perlu tahu bahwa di dalam Al-Quran ada surat-surat tertentu dan ada pula ayat-ayat tertentu yang memiliki keistimewaan-keistimewaan lebih daripada surat atau ayat lainnya.



Hal ini bukan untuk membeda-bedakan keutamaan Kalamullah, tetapi karena Allah dan Rasul-Nya memang telah mengabarkan adanya keistimewaan-keistimewaan tersendiri pada surat atau ayat tersebut.



Jadi Menyebutkan beberapa keutamaan yang lebih pada surat atau ayat tertentu dalam Al-Quran, ini semata-mata atas dasar petunjuk Rasulullah SAW. Maka dikatakanlah dalam sabdanya SAW bahwa.



"Surah Al-Fatihah adalah Ummul Quran (induknya Al-Quran)."



"Surah Al-Baqarah adalah Sanamul Quran (punduknya Al-Quran)."



"Surah Al-Ikhlash adalah Tsulusul Quran (sepertiga Al-Quran)."



"Dan surah Yasin adalah Qalbul Quran (hatinya Al-Quran)."



Sedangkan induknya dari ayat-ayat Al-Quran yang terdiri dari 6.236 ayat, tidak lain adalah Ayat Kursi. Maka Ayat Kursi disebut adalah Sayidul Quran



Dan kalbunya (hatinya) ayat-ayat Al-Quran adalah Salaamun Qaulan mirrabbirrahim (QS.Yasiin - 58).



Rasulullah SAW bersabda.



 عَنْ أنَسٍ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْباً وَ قَلْبُ القُرْاَ نِ يس وَمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ القُرْاَنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ (أخرجه الدارمي وقال أبو عيسى هذا حديث غريب)



Artinya. "Dari sayyidina Anas RA, ia berkata, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda. Setiap sesuatu itu mempunyai hati dan hati Al-Quran adalah Surah Yasin. Barang siapa yang membacanya (sekali), maka Allah SWT mencatat pahala bacaannya sepuluh kali membaca Al-Quran. (HR. Ad-Darimi. Abu Isa berkata, Hadist ini Gharib)”



Al Imam Mubarok Fury menerangkan, maksud dari Qalbul Quran. "Adalah isi dan ringkasan (inti) dari seluruh surah surah dan ayat ayat di dalam Al-Quran yang terdiri dari 114 surat, 6.236 ayat. dan Qalbul Quran itu adalah surah Yasin".



Al Imam Thabii berkata. Sesungguhnya Yasin dikatakan Qalbul Quran. "karena kandungan makna serta ringkasnya surah tersebut, Didalamnya terdapat dalil-dalil yang terang, ayat-ayatnya pun ringkas dan pendek lagi terputus-putus, ilmu-ilmunya sangat luas, makna-makna kandungannya sangat dalam, janji-janjinya pasti terpenuhi dan juga teguran - teguran yang disampaikan.





Sumber: kitab Tuhfatul Ahwazi [7/205]Karya. Imam Muhammad Abdurrahman Mubarok Fury 'rahimahullahu ta'alaa.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

19 November 2015 08.51

terima kasih artikelnya sangat bermanfaat.

souvenir gelas blitar

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger