Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Keistimewaan Yaasiin: Tertulis Dalam Kitab Taurat

Keistimewaan Yaasiin: Tertulis Dalam Kitab Taurat

Surah Yasin adalah surah yang pernah tertulis dalam kitab Allah SWT terdahulu. Yakni dalam kitab Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa AS. Dalam kitab Taurat, Yasin disebut dengan nama Al-Muamah.



Sebagaimana diterangkan dalam riwayat Hadist sebagai berikut :



 أنَّ أبَا بَكْرٍ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : سُوْرَةُ يس تُدْعَى فِيْ التَّوْرَاةِ : المُعَمَّةُ, قِيْلَ وَمَا المُعَمَّةُ ؟ قَالَ : تَعُمُّ صَاحِبَهَا بِخَيْرِ الدُّنْيَا وَلأَخِرَةِ, وَتَكَابِدُ عَنْهُ بَلْوَى الدُّنْيَا وَالأَخِرَةِ, وَتُدْفَعُ عَنْهُ أُهَاوِيْلُ الأَخِرَةِ, وَتُدْعَى المُدَافَعَةُ القَاضِيَةُ, وَتُدْفَعُ عَنْ صَاحِبِهَا كُلَّ سَوْءٍ, وَتُقْضَى لَهُ كُلُّ حَاجَةٍ, وَمَنْ قَرَأَهَا عُدِلَتْ لَهُ عِشْرِيْنَ حَجَّةً, وَمَنْ سَمِعَهَا , عُدِلَتْ لَهُ أَلْفَ دِيْنَارٍ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ, وَمَنْ كَتَبَهَا ثُمَّ شَرَبَهَا أُدْخِلَتْ جَوْفَهُ أَلْفُ دَوَاءٍ, وَ أَلْفُ نُوْرٍ, وَأَلْفُ يَقِيْنِ, وَ أَللْفُ بَرَكَةٍ, وَ أَلْفُ رَحْمَةٍ وَنُزِعَتْ مِنْهُ كُلُّ غِلٍّ, وَكُلُّ دَاءٍ



Artinya. "Dari sayyidina Abu Bakar RA berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda. Surah Yasin itu dalam kitab Taurat dinamakan Al-Muammah.



Ditanyakan kepada Rasulullah. Ya Rasulallah apa itu al-muammah?"



Rasulullah SAW bersabda. al-muammah (Yasin) itu mendatangkan kebaikan yang umum bagi pemiliknya (pembacanya), yakni kebaikan dunia dan akhirat. Ia dapat menolak bahaya dunia dan akhirat dan khususnya ia dapat menolak huru-hara (kekacauan) di akhirat".



Surah Yasin itu juga dinamakan dengan sebutan Al-Mudafiah, Al-Qodhiyah, artinya menolak bagi pemiliknya (pembacanya) segala macam keburukan, dan memenuhi segala macam kebutuhan dan keinginan.



Barangsiapa yang membacanya, maka bacaannya itu senilai dengan beribadah haji sepuluh kali.



Barangsiapa yang mendengarkannya, maka nilai pahala mendengarnya itu sama seperti mendermakan harta 10 dinar dijalan Allah.



Barangsiapa yang menuliskannya, kemudian dimasukkan ke dalam air dan meminumnya, maka masuklah ke dalam tenggorokannya seribu penawar, seribu cahaya, seribu keyakinan, seribu keberkahan, seribu rahmat dan dicabut darinya segala yang membuatnya gundah (bingung) dan dicabut pula segala macam penyakit.





Sumber:  Kitab Fadhilah Al-Quran Karya Syekh Muhammad bin Dharis
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger