Yang afdhol
untuk gesernya adalah ke kanan, yaitu tubuh bagian kanan imam menghadap makmum
dan tubuh sebelah kiri menghadap mihrob, ini adalah selain di Masjid Nabawi,
jika di masjid nabawi maka bagian tubuh sebelah kanan menghadap mihrob sebagai
tatakrama terhadap Nabi. Ini adalah
pendapat yang mu'tamad menurut Imam Romli.
Sedangkan menurut Imam Ibnu Hajar maka sama saja baik di Masjid Nabawi maupun
selainya yang afdhol adalah tubuh sebelah kanan imam menghadap makmum.
Begitu juga saat berdoa, yang afdhol adalah tubuh sebelah kanan menghadap makmum, sedangkan menurut imam ad damiri, jika berada di Baitulloh Ka'bah Al Musyarrofah maka ketika berdoa menghadap ka'bah.
Dalam Kitab Fathul Mu'in (1/128) dijelaskan
Begitu juga saat berdoa, yang afdhol adalah tubuh sebelah kanan menghadap makmum, sedangkan menurut imam ad damiri, jika berada di Baitulloh Ka'bah Al Musyarrofah maka ketika berdoa menghadap ka'bah.
Dalam Kitab Fathul Mu'in (1/128) dijelaskan
أما الإمام إذا ترك القيام من مصلاه الذي هو أفضل له فالأفضل جعل يمينه إلى المأمومين ويساره إلى القبلة.
قال شيخنا : ولو في الدعاء وانصرافه لا ينافي ندب الذكر له عقبها لأنه يأتي به في محله الذي ينصرف إليه
Dalam Kitab I'anah (1/218) dijelaskan
(قوله: فالأفضل جعل يمينه إلى المأمومين) أي في غير محراب المسجد النبوي، أما هو فيجعل يمينه إليه تأدبا معه - صلى الله عليه وسلم -.
هذا معتمد الجمال الرملي، وأما معتمد ابن حجر فهو يجعل يمينه إلى المأمومين وإن كان في المسجد النبوي.
قال: كما اقتضاه إطلاقهم.
ويؤيده أن الخلفاء الراشدين ومن بعدهم كانوا يصلون بمحرابه - صلى الله عليه وسلم - ولم يعرف عن أحد منهم خلاف ما عرف منه، فبحث استثنائه فيه نظر وإن كان له وجه وجيه، لا سيما مع رعاية أن سلوك الأدب أولى من امتثال الأمر.
واستثناه الدميري مع الكعبة المشرفة فقال: إنه يستقبلها وقت الدعاء.
وقد نظم ذلك فقال: وسن للإمام أن يلتفتا بعد الصلاة لدعاء ثبتا ويجعل المحراب عن يساره إلا تجاه البيت في أستاره ففي دعائه له يستقبل وعنه للمأموم لا ينتقل وإن يكن في مسجد المدينة فليجعلن محرابه يمينه لكي يكون في الدعا مستقبلا خير شفيع ونبي أرسلا (قوله: ولوفي الدعاء) أي الأفضل جعل يمينه إلخ ولو في حالة الدعاء.
Dalam Kitab
Busyrol Karim dijelaskan
(ويسر) كل مصل (به) أي: بالذكر والدعاء (إلا الإمام) أو غيره (المريد تعليم
الحاضرين .. فيجهر)؛ أي: بكل منهما (إلى أن تعلموا) فيسر، وعليه حمل الشافعي وأصحابه أحاديث الجهر، وكلام "الروضة" يوهم بالجهر بالذكر.
(ويقبل) الإمام ندباً -إن لم يرد الأفضل الآتي- (على المأمومين) عقب سلامه
(يجعل يساره إلى المحراب) ويمينه إليهم، وإن كان بالمسجد النبوي عند (حج)
الي ان قال
(و) الأفضل (أن ينصرف الإمام) والمأموم والمنفرد (عقب سلامه) ويأتي بالذكر والدعاء في المحل المنصرف إليه، لكن في غير المقيد بنحو لا إله إلا الله إلى قدير بعد الصبح، وغيرها مما مر، وغير من يجلس بعد صلاة الصبح على ما يأتي في الطواف إن شاء الله تعالى.
Adapun qoul
yang dipilih Imam Ibnu hajar dalam Fatawi-nya "Jika Imam Dzikir
bersama-sama ma'mum, atau Imam bermaksud mengajari ma'mum, Maka yang lebih
utama adalah menghadap pada ma'mum (membelakangi qiblat). Namun jika tidak
bermaksud seperti tersebut, maka yang lebih utama adalah tetap menghadap qiblat
(Ghooyatu Talkhiisl Murood).
واختار
الحافظ ابن حجر في فتاويه أن الإمام إن كان ممن يذكر المأمومين أو يدرسهم أو
يفتيهم فأولى أن يستقبلهم وإلا فيستقبل القبلة، قال البلقيني: كما استمر عليه
الأئمة في الأمصار ليصير الكل مستقبل القبلة، وقال بعضهم: يستقبلهم في الدعاء
Paling utama adalah berpindah tempat baik bagi imam/makmum/munfarid setelah salam tapi setelah lafadz wiridan "Laa Ilaaha Illalloh Wahdahu Laa Syariikalah" sampai lafadz "Qodiir" jika tidak ada wanita disitu.
Derajat
afdlol yang dibawahnya adalah menghadap kanan dengan menjadikan tubuh bagian
kiri menghadap mihrob dan tubuh bagian kanan menghadap makmum. Tetapi saat
wiridan dari awal sampai Laa Ilaaha Illalloh... sampai lafadz Qodiir tetap pada
hai'ah/posisi sholat.
Pendapat
lain, Sunnat bagi imam setiap selesai shalat menghadap ke makmum, baik pun ke
arah kanan atau kiri. bahkan makruh apabila tidak melaksanakannya sebab kalau
imam masih tetap ditempatnya menghadap kiblat takut disangka masih dalam
keadaan sholat. Perkiraan jarak antara selesai shalat dan menghadap makmum
adalah perkiraan bacaan Allahumma antassalaam dan seterusnya
ﺳَﻤُﺮَﺓَ ﺑْﻦِ ﺟُﻨْﺪَﺏٍ ﻗَﺎﻝَ ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ
ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺇِﺫَﺍ ﺻَﻠَّﻰ ﺻَﻠَﺎﺓً ﺃَﻗْﺒَﻞَ ﻋَﻠَﻴْﻨَﺎ
ﺑِﻮَﺟْﻬِﻪِ
Samurah ra
berkata, “Nabi SAW apabila telah selesai mengerjakan shalat beliau menghadapkan
mukanya kepada kami”. (HR. Bukhori)
ﺭﻭﻱ ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ
ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﷲ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻛﺎﻥ ﺇﺫﺍ ﻓﺮﻍ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻻ ﻳﻤﻜﺚ ﻓﻲ ﻣﻜﺎﻧﻪ ﺇﻻ ﻣﻘﺪﺍﺭ ﺃﻥ .
ﻳﻘﻮﻝ : ( ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺃﻧﺖ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻭﻣﻨﻚ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﺗﺒﺎﺭﻛﺖ ﻳﺎ ﺫﺍ ﺍﻟﺠﻼﻝ ﻭﺍﻹﻛﺮﺍﻡ )
Diriwayatkan
dari Aisyah bahwa Nabi SAW ketika selesai Shalat tidak menetap pada tempat
duduknya, kecuali pada perkiraan bacaan (Allaahumma antassalaam wa minkassalaam
tabaarokta yaa dzal- jalaali wal-ikroom)
Sedangkan pergeseran
makmum sebelum Imam hukumnya Makruh, disunnahkan tetap diam yakni bergeser
setelah pergeseran Imam, tetapi ada yang berpendapat tidak makruh (Hasyiha
Asy-Syarwani)
ﻭَﺃَﻥْ ﻳَﻤْﻜُﺚَ ﺍﻟْﻤَﺄْﻣُﻮﻡُ ﻓِﻲ ﻣُﺼَﻠَّﺎﻩُ ﺣَﺘَّﻰ ﻳَﻘُﻮﻡَ
ﺍﻟْﺈِﻣَﺎﻡُ ﻣِﻦْ ﻣُﺼَﻠَّﺎﻩُ ﺇﻥْ ﺃَﺭَﺍﺩَﻩُ ﻋَﻘِﺐَ ﺍﻟﺬّ ِﺮْﻛِ ﻭَﺍﻟﺪُّﻋَﺎﺀِ ﺇﺫْ
ﻳُﻜْﺮَﻩُ ﻟِﻠْﻤَﺄْﻡُﻭﻡِ ﺍﻟِﺎﻧْﺼِﺮَﺍﻑُ ﻗَﺒْﻞَ ﺫَﻟِﻚَ ﺣَﻴْﺚُ ﻟَﺎ ﻋُﺬْﺭَ ﻟَﻪُ
ﺑَﺎﻓَﻀْﻞٍ ﻣَﻊَ ﺷَﺮْﺣِﻪِ ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟْﻜُﺮْﺩِﻱُّ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻇَﺎﻫِﺮُ ﻛَﻠَﺎﻣِﻪِ ﻓِﻲ
ﺍﻟْﺈِﻳﻌَﺎﺏِ ﺃَﻥَّ ﺍﻧْﺼِﺮَﺍﻑَﻩُ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟْﺈِﻣَﺎﻡِ ﺧِﻠَﺎﻑُ ﺍﻟْﺄَﻭْﻟَﻰ ﻟَﺎ
ﺍﻟْﻜَﺮَﺍﻩَﺓُ ﺍﻫـ
http://www.facebook.com/groups/ piss.ktb/
permalink/397905743565573/ oleh Tim PISS-KTB
Posting Komentar