Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Bulan Rajab Yang Mulia

Bulan Rajab Yang Mulia

Sayyidil Habib Umar Bin Hafidz berkata:


Dengan karunia dari Allāh kita akan segera memasuki bulan Rajab yang penuh berkah.


Nabi Shallallahu alaihi wa alaa aalihi wasallam bersabda, "Rajab adalah bulan Allāh, Sya`bān adalah bulan ku, dan Ramadhan adalah bulan umatku". (Imam Al Suyuti),.


Fakta bahwa Rajab adalah bulan Allāh berarti layak di hormati, Rasulullah Shallallahu alaihi wa alaa aalihi wasallam sangat menghormati bulan Rajab. Ketika bulan rajab datang beliau akan mencari berkah, dengan mengatakan:


ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺑَﺎﺭِﻙْ ﻟَﻨَﺎ ﻓﻲ ﺭَﺟَﺐٍ ﻭَ ﺷَﻌْﺒَﺎﻥَ ﻭَ ﺑَﻠِّﻐْﻨﺎ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ

Ya Allah berkati kami di bulan Rajab dan sya'ban dan semoga kami bisa sampai pada Ramaḍān, (Imam Ahmad),


Rajab adalah kunci dari bulan bulan terbaik yang datang mengikuti sesudahnya, Imam Abū Bakar al-Warrāq berkata: “Di bulan Rajab kamu menanam bibitnya, di bulan Sha`bān kamu merawat dan menyiraminya dan di bulan Ramaḍān adalah waktu panen", beliau juga berkata : “Rajab seperti angin, Sha`bān adalah awan mendung, dan Ramaḍān hujannya".


Di bulan Rajab kedua orang tua Rasulullah menikah dan dibulan yang sama ibunda Sayyidah Aminah hamil janin manusia pilihan terbaik yang pernah diciptakan Allah yaitu baginda Shallallahu alaihi wa alaa aalihi wasallam, Dari para ulama kita tahu bahwa Isrā’ Mi`rāj juga terjadi pada malam 27 Rajab. Itulah malam dimana Rasulullah menerima kemuliaan teragung yang pernah diberikan kepada ciptaan Nya.


Malam pertama Bulan Rajab, Kita disarankan untuk fokus beribadah pada Allāh di malam pertama Rajab. Telah diriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa alaa aalihi wasallam bersabda, "Ada lima malam mulia yang do'anya 'tidak ditolak: malam pertama Rajab, malam kelima belas dari Sha`bān (nisfu sya'ban), Kamis malam (malam jumat)., malam sebelum Idul Fitri dan malam sebelum Idul al-Nahr (Adha)" (Imam Al Suyuti).

Sayyidunā `Alī Karramallahu Wajhahu senantiasa menghabiskan empat malam dalam ibadah: malam pertama Rajab, malam sebelum dua `Eid, dan malam 15 Sha`bān. Untuk alasan ini para ulama dari Tarim mengadakan majlis khusus dzikirullah pada malam pertama bulan Rajab dan diikuti dengan mengadakan maulid besar keesokan harinya.


Rajab, Bulan Istighfar (mohon Pengampunan). Cara terbaik untuk mempersiapkan hati untuk menerima ganjaran kemuliaan dari Allah adalah mensucikan diri melalui pertobatan.

Telah diriwayatkan, "Mohon banyak pengampunan dari Allāh di bulan Rajab karena dalam setiap jam (dalam bulan rajab) Allāh membebaskan orang orang dari neraka" (Imam Al Dailami),


Untuk alasan ini para ulama mengatakan bahwa Rajab adalah bulan mencari pengampunan, Sya`bān adalah bulan menganugerahkan sholawat dan salam pada Nabi, dan Ramadhan adalah bulan Al Qur'an.



Habib Abdulloh Rifky Alaydrus
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger