Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » , » Kasih Sayang Pada Sesama (1)

Kasih Sayang Pada Sesama (1)

Rasulullah SAW, bersabda, “Janganlah kalian saling iri - dengki, dan janganlah saling dendam, dan janganlah saling mencari-cari kesalahan. Jadilah kalian sebagai saudara, seperti yang telah diperintahkan Allah Ta’ala.”


Teks hadits demikian sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Tirimidzi dan yang lain, riwayat dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW, bersabda:
“Hindarilah kalian dari berburuk sangka. Karena buruk sangka itu sedusta-dusta ucapan. Jangan saling memata-matai, dan jangan saling mencari-cari kesalahan orang, dan jangan saling bermusuhan, dan jangan saling ber-iri-dengki, dan jangan saling mengumbar dendam, dan jangan saling bermusuhan, dan jadilah kalian semua hamba-hamba Allah yang bersaudara seperti perintah Allah SWT."


Muslim itu saudara sesama muslim, tidak saling mendzalimi, tidak saling menghina, dan tidak saling merendahkan. Taqwa itu di sini, taqwa itu di sini, taqwa itu di sini – dan beliau menunjuk kearah dadanya.


Maka dengan kriteria seseorang berbuat buruk adalah Menghina sesama saudaranya yang muslim. Setiap muslim terhadap sesama muslim itu terhormat Darahnya, harga dirinya, dan hartanya. Sesungguhnya Allah tidak memandang fisik kamu sekalian, dan juga tidak memandang rupa kamu. Namun Allah SWT hanya memandang hatimu dan amalmu.” Dalam hadits mulia ini ada  rahasia kema’rifatan kepada Allah SWT, yang penuh dengan keajaiban, bahwa Allah SWT memerintahkan kita agar kita menepiskan diri dari sifat-sifat Iblisiyah, yaitu: Dengki. Kemudian membuang sifat Nafsaniyah, yaitu: Dendam pada makhluk Allah SWT.


Lalu naik dari sifat yang rendah yaitu: Mencari-cari kesalahan orang. Dan kemudian bila meraih derajat sempurna melalui pemurnian diri, Allah SWT memerintahkan agar melihat sirnanya perbedaan antara satu sama lain dari sesama saudara beriman, dan hal ini merupakan perintah Allah SWT.


Manakala perilaku tersebut sempurna, akan benar-benar meraih kepastian ma’rifat Billah. Dari rahasia inilah ucapan Sayyidina Ali KarromAllahu Wajhah berlaku, “Siapa yang mengenal dirinya, maka benar-benar mengenal Tuhannya.”


Anak-anak sekalian. Ketahuilah bahwa seorang hamba itu berada diantara Allah Ta’ala dan makhluk-Nya: Bila berpaling dari  makhluk-Nya menuju Allah SWT, Allah mendekatkan kepada-Nya dan menyambungkannya untuk lebih dekat. Karena apabila Allah Ta’ala mencintai seorang hamba Dia bergegas menurut kadar kedekatan hamba kepada-Nya, dan kadar kecintaannya pada Allah Ta’ala, dan si hamba tidak sama sekali berpaling kepada sesuatu selain Allah, Jika si hamba memandang sesuatu selain Allah SWT, Allah menyiksa sang hamba dengan sesuatu yang membuat berpaling tadi, dan sesuatu itu dijadikan cobaan atas dirinya.
 
Ingatlah pada Iblis La’natullah ketika memandang dirinya, lantas berkata tentang Adam: “Aku lebih baik dibanding dia…” Maka Allah SWT, langsung melaknat dan melemparnya.


Begitu pun para malaikat, ketika mereka memandang tasbihnya dan penyuciannya kepada Allah SWT, dengan mengatakan, “Sedangkan kami bertasbih dengan memuji Mu dan menyucikan Mu…”, maka Allah Ta’ala memberikan ujian kepada mereka dengan bersujud kepada Adam.


Begitu pula setiap orang yang mengatakan, “Aku….” Pada saat yang sama Allah Ta’ala berfirman, “Tidak! Namun Aku!”, lantas Allah melemparkan siapa pun yang berkata “Aku” tadi ke derajat paling rendah.
 
Sedangkan orang yang berkata, “Engkaulah Allah,” maka Allah justru mengangkat derajatnya setinggi-tingginya.
 
Berpaling itu ada dua: Berpaling mata (muka) dan Berpaling qalbu.
 
Berpalingnya mata seperti firman Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, kekasihNya:
“Janganlah engkau palingkan kedua matamu kepada pesona (kenikmatan) hidup yang telah Kami berikan diantara mereka (orang-orang kafir itu) sebagai bunga kehidupan dunia agar Kami uji mereka di dalamnya. Sedangkan rizki Tuhanmu lebih bagus dan lebih abadi.” (Thaaha: 121)


Lalu Allah Ta’ala memberikan anugerah kepada mereka, ketika Allah menjaganya, dengan mengatakan, “kalaulah bukan Kami kokohkan kamu, maka benar-benar kamu hampir condong pada mereka, dengan sesuatu yang sangat sedikit (hina).” Lalu Allah SWT memujinya karena 

Nabi Muhammad SAW, sama sekali tidak berpaling kepada selain Allah SWT, dalam firmanNya:
“Matahatinya tak pernah berpaling dan tak pernah dusta.”


Allah SWT mewariskan ”meninggalkan total” di atas, dengan mengangkat tirai hijab, hingga beliau melihat apa yang dilihat, dalam firmanNya: “Sesungguhnya (Muhammad) telah melihat Allah dalam tahap hakiki yang lain.”



Syeikh Ahmad ar-Rifa’y
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger