Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Buka Luwur Sunan Kedu Yang Penuh Syi'ar Islam

Buka Luwur Sunan Kedu Yang Penuh Syi'ar Islam



Setiap tanggal 13 Muharram, warga desa Gribig yang berada di kecamatan Gebog Kudus mengganti luwur makam santri Sunan Kudus yang bernama Syech Abdul Basyir  atau yang lebih populer dengan nama Sunan Kedu. 

Buka luwur Sunan Kedu berlangsung penuh syiar islami. Ratusan warga desa setempat menggelar ragam kegiatan yang berlangsung dari hari Sabtu 30 September 2017 hingga Senin 2 Oktober 2017. Diantaranya, khatmil Qur'an bil ghoib dan bin nadhar, Tahlil umum, kirab luwur dan ziarah massal dan diakhiri dengan pengajian umum bersama Gus Qayyum sebelum prosesi penggantian luwur di tengah malamnya.



Dari pantauan sahabat kami, Shofy Nita, Pelaksanaan kirab Luwur Sunan Kedu dimulai dari kantor Balai Desa Gribig dengan memanggul Luwur dan membentangkan Spanduk Buka Luwur menuju ke Masjid Al Muttaqin untuk sholat dhuhur kemudian menuju ke Makam Sunan Kedu dengan cara berjalan kaki.

Sama hal nya dengan Buka Luwur Sunan Kudus, pada acara Buka Luwur Sunan Kedu ini juga dibagikan ribuan nasi bungkus sebagai hidangan untuk warga dan pengunjung yang ikut berpartisipasi dari hasil sedekah masyarakat warga Kudus.
 

Panitia mengatakan bahwa acara semacam ini akan mendorong adanya kebersamaan dan gotong-royong serta menyatukan perbedaan umat. Selain itu diharapkan dapat melestarikan budaya agar dapat diteruskan oleh generasi selanjutnya. Terbukti, tahun ini semua warga bersama-sama seguyub mensukseskan prosesi buka luwur salah satu tokoh penyebar agama Islam di Kudus ini.
 
Warga masyarakat Gribig dan sekitarnya, sangat menghormati Sunan Kedu yang menjadi sosok penyebar agama Islam. Tidak hanya saat buka luwur, warga selalu ramai menziarahi makamnya setiap hari terutama Kamis sore hingga Jum'at.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger