Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Doktor Tunanetra Ini Akan Menginspirasi Kalian Di STAIN Kudus

Doktor Tunanetra Ini Akan Menginspirasi Kalian Di STAIN Kudus



“Kalau ingin bersemangat menaklukkan prestasi akademik tertinggi, tak perlu kemana-mana. Cukuplah bertemu dengan DR. Akhmad Sholeh, seorang tunanetra yang berhasil meraih gelar Doktor pertama di UIN Sunan Kalijaga. Dengarkan kisah haru suka duka perjuangannya” (Prof. DR. Atho’ Mudzar)

DR Akhmad Soleh M.Ag merupakan satu-satunya doktor tunanetra dari UIN SUnan Kalijaga Yogyakarta. Doktor yang diketahui memiliki kegiatan rutin berupa Sema'an qur'an tiap ahad ba'da subuh di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kota Gede Yogyakarta ini melakukan penelitian tentang aksesbilitas penyandang disabilitas terhadap perguruan tinggi. 

Sholeh, sapaan akrabnya, pada akhir 2015 lalu melahirkan buku perdana yang bersumber dari karya disertasinya. Ia memutuskan untuk membukukan penelitiannya tersebut karena di Indonesia, buku semacam itu masih sangat jarang.


Selain memaparkan tentang aspek layanan serta aspek kondisi lingkungan dan bangunan di Perguruan Tinggi tersebut, DR Sholeh juga menekankan tentang aksesibilitas fisik dan non-fisik yang akan menunjang pendidikan bagi penyandang disabilitas. Aksesibilitas fisik meliputi ukuran dasar ruang, jalur pedestrian, jalur pemandu, area parkir, pintu, selasar, tangga, lift, lift tangga, toilet, wastafel, perlengkapan dan peralatan kontrol, perabot, serta rambu dan marka.

Tak hanya aksesibilitas fisik, tapi juga aksesibiltas non-fisik dalam pendidikan akan terwujud bila dimulai dari mengubah visi ideologi perguruan tinggi terhadap penyandang disabilitas. Aksesibilitas non-fisik yang dibutuhkan oleh penyandang disabilitasdi perguruan tinggi antara lain kebijakan dan peraturan perguruan tinggi terhadap penyandang disabilitas, pelayanan institusi yang sensitif dan sesuai dengan kebutuhan penyandang disabilitas, modifikasi desain pembelajaran kurikulum yang akomodatif, serta adanya program bagi mahasiswa penyandang disabilitas di setiap unit.


Buku DR Akhmad Sholeh berjudul “Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Terhadap Perguruan Tinggi: Studi Kasus Empat Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta”  akan dibedah di Aula Rektorat Lntai 3 Kampus STAIN Kudus pada Kamis 5 Oktober 2017 mulai pukul 08.30 WIB. Acara yang diperuntukkan untuk masyarakat umum ini diselenggarakan secara gratis dalam rangka memperingati hari jadi Kota Kudus ke 468.

Acara Berjudul “Bincang Kreatif: Manajemen Tata Kota Responsif Disabilitas” akan langsung dihadiri oleh penulis buku DR. Akhmad Sholeh, M.Ag yang asli Hadipolo Kudus. Sementara sebagai pebahas buku adalah DR. Supaat (Pakar Manajemen Pendidikan STAIN Kudus) dan Nur Said M.A, M.Ag (Ketua PSG/ Persatuan Studi Gender STAIN Kudus).

Untuk mengikuti acaranya, Sahabat bisa langsung menghubungi panitia di nomor yang tertera dalam pengumuman.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger