Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Hari Santri, PAC IPNU IPPNU Bae Launching BUMI Bae

Hari Santri, PAC IPNU IPPNU Bae Launching BUMI Bae



Santri Mandiri, NKRI Hebat merupakan tema Hari Santri Nasional untuk tahun 2017. Hal itulah rupanya yang melandasi PAC IPNU IPPNU Bae untuk membuat terobosan dalam rangka mewujudkan santri yang mandiri secara ekonomi. Apalagi, santri Kudus memiliki jargon Gusjigang yang bermakna Santri yang bagus, pinter ngaji dan dagang.


BUMI Bae merupakan singkatan dari Badan Usaha Milik Ikatan (Ikatan Pelajar dan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) yang diinisiasi oleh para pengurus dan pembina PAC IPNU IPPNU Bae. Bertempat di Aula Bapak H. Son Hidayat desa Pedawang, BUMI Bae resmi diluncurkan pada Ahad 22 Oktober 2017 bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional.

Dalam acara yang dihadiri oleh pengurus dan pembina IPNU IPPNU Bae tersebut melibatkan banom-banom Kepemudaan NU yaitu IPNU, IPPNU, CBP, dan KPP.


Dalam acara launching tersebut juga dirangkai dengan acara pembacaan 1500 sholawat nariyah sekaligus Rapat Pimpinan Anak Cabang. Para peserta pria terlihat mengenakan seragam koko dan bersarung serta berpeci seperti kebanyakan atribut santri di Indonesia. Hal itu dimaksudkan untuk menunjukkan budaya santri Indonesia dengan pakaian tradisionalnya. Sementara itu dari CBP-KPP mengenakan seragam khasnya yaitu kaos berwarna oranye.

Usai rapat, peserta juga menikmati santap siang secara bersama-sama.  Satu nampan dimakan ramai-ramai empat hingga lima orang. Tradisi santri semacam ini di Kudus dikenal dengan istilah Kepungan


Dikonfirmasi dari Ketua PR IPNU Bae, Bagus Vidiyanto, mengatakan bahwa BUMI Bae pada nantinya akan bergerak di bidang usaha lingkungan dan kesenian. Dari hasil rapat pada saat launching, BUMI Bae akan membuka Bank Sampah serta akan bergerak di usaha souvenir terutama untuk souvenir-souvenir ke NU an.

“Untuk sementara baru dua usaha itu terlebih dahulu. Untuk kedepannya akan dikembangkan lebih lanjut dalam rangka melatih anak-anak IPNU IPPNU Bae berwirausaha sekaligus mencari dana dari hasil keuntungan usahanya untuk berbagai acara keagamaan dan kepemudaan. Akan dilihat terlebih dahulu dari dua bidang usaha ini kemudian dievaluasi lebih lanjut. Semoga yang nyantri di IPNU IPPNU Bae juga bisa Gusjigang.”, pungkasnya.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger