Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Ngaji Wayang Goro-goro di Getas Pejaten

Ngaji Wayang Goro-goro di Getas Pejaten



Pewayangan Goro-goro merupakan media pendidikan/ dakwah dengan kolaborasi pertunjukan seni wayang kulit  dan sentuhan qasidah islam yang dikemas kekinian.

Adalah Ust. Ilham Supriyanto, S.PdI, M.S.I yang mendirikan metode pengajian ini yang kemudian membentuk grup Kalimosodo Goro-goro . Ustadz yang lebih dikenal masyarakat luas dengan sebutan Kyai Goro-goro  mendirikan Kalimosodo Goro-goro pada tahun 2007. Hal tersebut mendapat dukungan dari PEPADI (Persatuan Pedalangan Indonesia) Kabupaten Pati.

Kyai Goro-goro memadukan unsur ceramah agama dengan kesenian wayang kulit yang di dalamnya akan diselipi qasidah-qasidah pitutur islami. Video-video pengajian Kyai Goro-goro ini sudah tersebar di banyak media sosial termasuk youtube dan sudah dilihat oleh ribuan pasang mata. Banyak yang mengomentari pengajian semacam ini adalah unik di jaman modern, dimana para generasi muda cenderung menyukai budaya kebarat-baratan ketimbang kesenian asli bangsa sendiri yaitu wayang kulit.


Itulah yang menjadi alasan kuat bagi Panitia Hari Besar Islam (PHBI) dari Pemerintah Desa (Pemdes) Getas Pejaten, Kudus untuk mengadakan acara bertema “Pengajian Nusantara, Budaya, dan Kebangsaan”. Pengajian ini akan mendatangkan Dalang sekaligus penceramah Kyai Goro-goro yang akan membawakan lakon “Semar Mbangun Kayangan”.

Pengajian wayang kulit ini akan diselenggarakan di Graha Mustika Getas Pejaten pada hari Jumat 13 Oktober 2017 mulai ba’da sholat isya. Pengajian yang diperuntukkan bagi masyarakat umum secara gratis ini juga akan menampilkan Qasidah dan Gamelan Kalimosodo untuk mengajak masyarakat terutama generasi muda, mengenal budaya bangsa sendiri yaitu wayang kulit dan gamelan sekaligus menimba ilmu agama islam.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger