Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Rangkaian Acara Buka Luwur Kyai Telingsing

Rangkaian Acara Buka Luwur Kyai Telingsing



TheLing Sing, tiba pada sekitar awal abad ke-15. Konon, beliau datang ke Pulau Jawa bersama Laksamana Jenderal Cheng Hoo. Sebagaimana disebutkan dalam sejarah Jenderal Cheng Hoo yang beragama Islam itu datang ke Pulau Jawa untuk mengadakan tali persahabatan dan menyebarkan agama Islam melalui perdagangan.

Di Jawa, The Ling Sing cukup dipanggil dengan sebutan Kyai Telingsing, beliau tinggal di sebuah daerah subur yang terletak diantara sungai Tanggulangin dan Sungai Juwana sebelah Timur.Disana beliau bukan hanya mengajarkan agama Islam, melainkan juga mengajarkan kepada para penduduk seni ukir yang indah. Sebuah seni mengukir kayu dengan gaya Sung Ging sebagai sebuah maha karya ukiran  kayu yang terkenal akan kehalusan dan keindahannya.

Banyak yang datang berguru seni ukir kepada Kyai Telingsing, termasuk Raden Ja’far Sodiq (Sunan Kudus), putra sahabatnya Raden Usman Haji (Sunan Ngundung).Dimana kemudian bersama-sama dengan Raden Usman Haji dikenal sebagai pendiri kota Ngundung (Undung) yang juga disebut Tajug dan kemudian dikenal sebagai Kudus. Sehingga, ia pun kemudian dikenal sebagai Ki Ageng Kudus atau Kyai Gede Kudus.

Nama The Ling Sing alias Kyai Telingsing, sampai sekarang diabadikan sebagai nama  sebuah jalan di kota Kudus. Di seputar jalan tersebut juga terdapat sebuah kampung atau desa yang bernama Sunggingan

Buka Luwur Kyai Telingsing berlangsung setiap tanggal 15 Muharram setiap tahunnya yang juga bertepatan dengan Buka Luwur Makam Sunan Muria. Tahun ini telah dipersiapkan berbagai acara yang akan mewarnai Buka Luwur Kyai Telingsing ini.

Diawali dengan khotmil qur’an dan pasihan pada hari selasa malam rabu pahing tanggal 14 Muharram 1439 di Masjid Kyai Telingsing desa Sunggingan Kudus. Acara berlanjut esok malamnya dengan Pengajian Umum di tempat yang sama. KH. Idham Khalid dari Demak yang merupakan alumni Madrasah Qudsiyah Kudus diberikan kehormatan untuk menyampaikan mauidhoh hasanah. Pengajian kali ini juga mengundang qari internasional Al Ustadz Mas’ud Syahat.

Acara puncak akan dilakukan pada hari Kamis pon 15 Muharram ba’da subuh dengan Tahlil Umum di Maqbaroh Kyai Telingsing Sunggingan Kudus. Acara ini akan dihadiri oleh sejumlah ulama sepuh Kudus yaitu KH. Ulin Nuha Arwani, KH. Ulil Albab Arwani, KH. Khoiruzzad, KH. Arifin fananin, KH. Noor Chalim, dan KH. Hasan Fauzi.

Masyarakat juga dapat memberikan shodaqoh jariyah yang diterima oleh panitia hingga tanggal 14 Muharram 1439 H.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger