Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Kudus Jadi Tuan Rumah Musyawarah Wilayah IV JSIT 2017

Kudus Jadi Tuan Rumah Musyawarah Wilayah IV JSIT 2017



Kudus mendapat kehormatan untuk menyelenggarakan Musyawarah Wilayah IV Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) untuk Wilayah Jawa Tengah. Musyawarah tersebut diadakan pada Jumat – Sabtu 24-25 November 2015 di Hotel Gryptha, Jl. Raya Agil Kusumadya, Jati Wetan, Kudus.  Peserta yang hadir dari berbagai daerah di Jawa Tengah disambut oleh panitia di SD Islam Terpadu Al Islam, Jl. Veteran No. 8, Kudus pada Kamis sore hingga malam.

Menurut panitia penyelenggara, Kegiatan Musyawarah JSIT tahun ini  ini bertujuan untuk : 

1. Konsolidasi lembaga  pendidikan dan pelaku dakwah pendidikan yang tergabung dalam JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah
2. Meningkatkan kualitas pelayanan JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah untuk mengokohkan pengelolaan pendidikan karakter
3. Menentukan ketua dan pengurus  JSIT Indonesia Wilayah  Jawa Tengah Periode 2017 – 2021
4. Menentukan arah kebijakan dan peran JSIT Indonesia Jawa Tengah dalam pengembangan pendidikan untuk 4 tahun kedepan
5. Menguatkan pemahaman terhadap Buku Mutu JSIT Indonesia dan Kurikulum 2013 beserta implementasinya
6. Melahirkan rekomendasi bidang pendidikan untuk kemajuan pendidikan di provinsi Jawa Tengah dan Indonesia

Pra Acara dimulai pada Jumat 24 November 2017 pukul 07.00 WIB dengan acara lomba untuk para guru. Sedangkan pembukaan acara Musyawarah Wilayah ini dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan sambutan dari Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo.

Setelah sholat jumat, acara dilanjutkan dengan Rapat Pleno dan Seminar Pendidikan dengan tema “Pentingnya Pendidikan Karakter Menuju Generasi Emas Indonesia”. Seminar ini menghadirkan keynote speaker Bupati Kudus Bapak H. Musthofa dengan nara sumber Bapak Muhammad Zahri, M.Pd (Ketua Umum JSIT Jawa Tengah), drs. Gatot Bambang Hastowo (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah), dan Bapak H. Ahmadi (Wakil Ketua DPRD Propinsi Jawa Tengah).

Lepas sholat ashar, dilanjutkan rapat komisi I, sosialisasi SIT oleh Bapak Heru Sucitro, dan di hari Jumat sore itu para peserta tak lupa melakukan ziarah ke Makam Sunan Kudus di Komplek Masjid Al Aqsha Kudus.


Jumat malam sabtu, acara yang diselenggarakan di Hotel Griptha itu tampak lebih semarak. Pasalnya, ada konser kemanusiaan bertajuk “JSIT Jawa Tengah Untuk Indonesia” yang hadir di tengah-tengah Musyawarah Wilayah ke IV ini. Sambutan acara Konser kemanusiaan ini dilakukan oleh Ustad Sigit Cayantoro dan Bapak S.B. Wibowo (Ketua Komisi D DPRD Kudus), serta Bapak Bupati Kudus H. Musthofa. Konser Kemanusiaan yang dihelat secara gratis untuk mayarakat umum ini bertujuan untuk menggalang dana bagi masyarakat Palestina dan Rohingya ini menghadirkan dua artis top nasional yaitu Melly Goeslow dan Hadi Yunus. Dikabarkan dana yang terkumpul dalam acara tersebut mencapai Rp 600 juta lebih.

Acara kemudian dilanjutkan keesokan harinya, Sabtu 25 November 2017 di Ballroom Majesty Hotel Griptha dengan acara Seminar Pengelolaan Yayasan. 

Hadir sebagai narasumber dalam Seminar ini adalah drs. H. Wiranto, M.Kom,. M.Sc (Ketua Yayasan Nurhidayah) yang membahas tema “Manajemen Pengelolaan dan Pemberdayaan Yayasan”. Narasumber kedua adalah Bapak Deni Trisnahadi (Pendiri Rumah Zakat Indonesia) yang membahas tema “Peran dan Fungsi Yayasan Dalam Pemberdayaan Ummat”. Dan narasumber terakhir adalah Bapak Syahru Aryansyah (Presiden Direktur PT. Hydro Perdana Retailindo Jakarta) dengan tema “Business Plan Shodaqo Mart”.

Acara pun berakhir dengan pelantikan dan penyampaian SK Pengurus JSIT Jawa Tengah periode 2017 – 2021 yang dilanjutkan dengan berbagai arahan dan doa penutup.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger