Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Ratusan Macam Kitab Maulid Nabi Muhammad dan Sejarahnya (5)

Ratusan Macam Kitab Maulid Nabi Muhammad dan Sejarahnya (5)


Abad Kelima Belas Hijrah

108- al-Rawa’ih al-Zakiyyah fi Maulid Khayr al-Bariyyah oleh al-‘Allamah Syeikh ‘Abdullah al-Harari al-Habsyi (w. 1429H).

109- Maulid al-Hadi SAW oleh Dr. Nuh ‘Ali Salman al-Qudhah, mufti Jordan.

110- al-Dhiya’ al-Lami‘ bi Zikr Maulid al-Nabi al-Syafi‘ oleh al-‘Allamah al-Habib ‘Umar bin Hafiz al-Ba‘alawi.

Imam Muhammad ‘Abd al-Hayy al-Kittani di dalam kitabnya al-Ta’alif al-Maulidiyyah telah menyenaraikan hampir 130 buah kitab Maulid yang disusun menurut abjad. Manakala Dr. Salah al-Din al-Munjid telah menguraikan sekitar 181 buah kitab Maulid di dalam kitabnya (
معجم ما أُلف عن النبي محمد صلى الله عليه وسلم) tetapi keduanya belum dapat saya telaah ketika menulis artikel ini dan
 masih ada banyak lagi Kitab Maulid yang belum diketahui. 

Seperti yang dapat kita lihat, sebagian besar alim ulama yang disebutkan adalah tokoh-tokoh ulama tersohor di zaman mereka. Tidak dinafikan juga bahwa ada setengah kitab Maulid tersebut yang diperselisihkan nisbahnya kepada pengarangnya. Sekurang-kurangnya jumlah karya-karya Maulid yang besar ini menunjukkan kepada kita bukti pentingnya memperingati Maulid Nabi SAW di kalangan ramai para alim ulama.

Juga tidak dinafikan bahwa setengah kitab-kitab Maulid ini mengandungi perkara-perkara yang dianggap palsu oleh sebagian ahli ilmu. Namun hendaklah kita berbaik sangka kepada pengarang-pengarangnya, mereka tidak akan memasukkan di dalam kitab-kitab tersebut perkara-perkara yang mereka yakin akan kepalsuan dan kebatilannya. Maka, setidaknya mereka hanya mengandaikan perkara-perkara tersebut ke dalam kategori dhaif saja yang dipergunakan dalam bab sirah dan hikayat, selain fadha’il, seperti yang masyhur di dalam ilmu Mustalah Al-Hadith.

Setengahnya pula adalah masalah yang menjadi khilaf di kalangan para ulama. Justru agak keterlaluan jika ada yang melabelkan kebanyakan kitab-kitab tersebut sebagai sesat, munkar dan bid’ah secara keseluruhan dengan tujuan untuk menyesat dan membid’ahkan para pengarangnya. Sedangkan kritikan tersebut dapat dibuat dengan cara yang lebih berhikmat dan beradab. Semoga Allah SWT memberi kita petunjuk.


Ust. Mohd. Khafidz Soroni (Malaysia)
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger