Aurat lelaki menurut Imam Malik, Imam Syafi'i dan Imam Hanafi adalah
apa saja yang berada di antara pusar sampai lutut. Sebagian kaum berpendapat
bahwa aurat lelaki adalah dua sautan (qubul dan dubur) saja, sebab perbedaan
mereka adalah adanya dua atsar yang bertentangan dan dua-duanya shohih.
Salah satunya adalah hadisnya Jarhad bahwa Nabi Shollallohu Alaihi
Wasallam bersabda, "paha adalah aurat ".
Kedua adalah haditsnya Anas bahwa Nabi Shollallohu Alaihi Wasallam pernah
terbuka pahanya dan beliau sedang duduk bersama para sahabatnya.
Al bukhori berkata bahwa hadisnya Anas adalah asnad sedangkan hadisnya Jarhad
lebih berhati hati. Sebagian ulama' telah berkata bahwa aurat adalah dubur,
farji dan paha.
Dalam Kitab Tuhfah al-Habiib II/184 dijelaskan:
وكذا الرجل له ثلاث عورات : عورة في الصلاة وقد
تقدمت وهي أيضاً عورته عند الرجال ومحارمه من النساء ، وعورة النظر وهي جميع بدنه
بالنسبة للأجنبية ، وعورة الخلوة السوأتان فقط على المعتمد زي
Seorang pria, baginya memiliki tiga aurat :
1. Aurat Shalat
Ialah aurat yang wajib ditutupinya saat menjalani shalat yakni anggauta
tubuhnya antara pusat dan lutut dan ini juga auratnya saat bersama sesama pria
dan wanita-wanita mahramnya
2. Aurat Nadhrah
Ialah aurat yang harus ia tutupi dari pandangan wanita lain yakni
keseluruhan tubuhnya dinisbatkan pada wanita lain (bukan mahramnya)
3. Aurat Khalwah
Ialah auratnya saat ia sendirian yakni dua anggota malunya (kemaluan
dan dubur) menurut pendapat mu’tamad (yang bisa dijadikan pegangan).
Dan ini merupakan penjelasan dari
Kitab Bidayatul Mujtahid Ibnu Rusydi :
[ المسألة الثانية ]
[ عورة الرجل ]
وأما
المسألة الثانية وهي حد العورة من الرجل فذهب مالك والشافعي إلى أن حد العورة منه
ما بين السرة إلى الركبة ، وكذلك قال أبو حنيفة ، وقال قوم : العورة هما السوأتان
فقط من الرجل .
وسبب
الخلاف في ذلك أثران متعارضان كلاهما ثابت : أحدهما حديث جرهد أن النبي - صلى الله
عليه وسلم - قال : " الفخذ عورة " . والثاني : حديث أنس " أن النبي
- صلى الله عليه وسلم - حسر عن فخذه ، وهو جالس مع أصحابه " قال البخاري :
وحديث أنس أسند وحديث جرهد أحوط ، وقد قال بعضهم : العورة الدبر ، والفرج ،
والفخذ.
[
المسألة الثالثة ] [ عورة المرأة ]
وأما
المسألة الثالثة وهي حد العورة في المرأة ، فأكثر العلماء على أن بدنها كله عورة
ما خلا الوجه والكفين ، وذهب أبو حنيفة إلى أن قدمها ليست بعورة ، وذهب أبو بكر بن
عبد الرحمن ، وأحمد إلى أن المرأة كلها عورة .
وسبب
الخلاف في ذلك احتمال قوله تعالى : ( ولا يبدين زينتهن إلا ما ظهر منها ) هل هذا
المستثنى المقصود منه أعضاء محدودة ، أم إنما المقصود به ما لا يملك ظهوره ؟ فمن
ذهب إلى أن المقصود من ذلك ما لا يملك ظهوره عند الحركة قال : بدنها كله عورة حتى
ظهرها ، واحتج لذلك بعموم قوله تعالى : ( ياأيها النبي قل لأزواجك وبناتك ونساء
المؤمنين ) الآية . ومن رأى أن المقصود من ذلك ما جرت به العادة بأنه لا يستر وهو
الوجه والكفان ذهب إلى أنهما ليسا بعورة واحتج لذلك بأن المرأة ليست تستر وجهها في
الحج
www.fb.com/groups/piss.ktb/980678978621577/ oleh Ust. Hamzah
Posting Komentar