Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Tiga Acara Haul Ulama Akan Digelar Pekan Ini

Tiga Acara Haul Ulama Akan Digelar Pekan Ini



Pekan ini setidaknya akan ada tiga acara peringatan haul ulama yang akan diselenggarakan di Kabupaten Kudus. Tiga acara haul tersebut akan terjadi dalam satu tanggal yakni pada hari Kamis tanggal 23 Rabiul Akhir 1439 atau yang bertepatan dengan 11 Januari 2018.

Haul pertama akan berlangsung di Maqbaroh Makam Mbah Yasin (KH. Yasin) di dekat Masjid Darussalam dan Pondok Pesantren Al Qumaniyah (Pondok Mbareng) Jekulo Kudus. Acara akan berlangsung mulai ba’da sholat dhuhur dengan tahlil umum sebagai pembuka. Di komplek pemakaman ini, Makam Mbah Yasin berdekatan dengan Makam gurunya yakni  Mbah Sanusi (KH. Sanusi), dua tokoh yang menyebarkan islam di daerah Jekulo.

KH Yasin yang makamnya di sebelah KH Sanusi ialah pendiri pondok pertama kali di bareng (Jekulo). Pondok  pertama di daerah Mbareng ialah yang didirikan kakeknya KH Yasin tahun 1923 (Mbah Dahlan).

Menurut informasi yang kami dapatkan, KH Yasin sebenarnya pendatang di Jekulo. Beliau yang mempunyai nama asli Sukandar berasal dari Desa Cebolek (Kajen), Kecamatan Margoyoso, Pati yang menikah dengan perempuan bernama Muthi’ah putri dari KH Yasir. Masa kecilnya dia sudah ditinggal mati oleh ayahnya H Amin (Tasmin) dan Ibunya Salamah ketika melakukan ibadah Haji di Makkah. Setelah berada di Jekulo, beliau membuat tempat untuk mengaji sekitar tahun 1918 atas permintaan gurunya KH Sanusi. Atas usulan santri-santrinya akhirnya tahun 1923 Pondok Bareng yang sekarang bernama  Al-Qaumaniyah didirikan.


Haul kedua dan ketiga akan berlangsung di tempat yang sama yakni di Rumah Habib Syafiq Al Kaff. Habaib yang sangat aktif dengan berbagai majelis taklim di Kudus ini akan menyelenggarakan Haul untuk Sang Ayah yakni Habib Sholeh bin Alwi Al Kaff yang ke 29 serta kerabat beliau yang lain yakni Habib Abdillah bin Abdurrahman Al Jufri yang ke 37.

Acara haul tersebut akan berlangsung pada Kamis malam Jumat 11 Januari 2018 mulai ba’da isya di Kediaman Habib Syafiq Al Kaff. Acara tersebut juga dimaksudkan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 yang selalu diperingati di kediaman beliau setiap tahunnya dan sengaja dibarengkan dengan haul tersebut.

Acara di kediamanHabi Syafiq ini akan diisi oleh Habib Musthofa bin Abdullah Al Haddar dari Banyuwangi yang merupakan  Pengasuh Majelis Dzikir dan Sholawat Nurul Khairat. Acarapun akan dimeriahkan oleh Gambus El Khairat.

Bagi yang ingin mengikuti acara haul di kediaman Habib Syafiq, dapat mengambil rute dari SMA 1 Bae ke selatan kurang lebih 100 meter, kemudian ke timur kurang lebih 100 meter di depan Pabrik Roti KUD. Rute ke tempat pengajian akan ditandai untuk mempermudah jamaah yang akan hadir.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger