Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Ingin Berbaur Dengan Warga Demak, KKN STAIN Kudus Ditutup Dengan Pengajian Umum

Ingin Berbaur Dengan Warga Demak, KKN STAIN Kudus Ditutup Dengan Pengajian Umum


Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata terintegrasi Kompetensi atau disingkat dengan KKN-K pada awal 2018 mendatang. Konsep baru yang menyatukan program Praktik Kerja Lapangan (PKL), Praktik Profesi Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi suatu upaya efisiensi bagi program pendidikan tinggi.

KKN konsep baru tersebut menerjunkan langsung para mahasiswa ke masyarakat sesuai dengan bidang kuliahnya masing-masing. KKN –K mengharuskan mahasiswa tinggal bersama masyarakat dan membaur bersama mereka. Bagi mahasiswa tarbiyah, tidak hanya saat mengajar di sekolah, tetapi juga dibutuhkan  keikutsertaan mereka dalam kegiatan bermasyarakat.

Salah satu kontribusi dari mahasiswa-mahasiswa peserta KKN-K STAIN Kudus yang menjalankan KKN nya di Kabupaten Demak adalah dengan menyelenggarakan pengajian umum untuk masyarakat sekitar. Diantaranya seperti yang telah terlaksana pada tanggal 2 Februari yang lalu. Para Mahasiswa KKN di Kecamatan Dempet mengadakan acara penutupan dengan tema “Dempet Bersatu dan KKN STAIN Kudus Bersholawat” bersama jamiyyah Gandrung Nabi. Kegiatan tersebut juga menggandeng Pesantren Seni Kaligrafi Qur’an (PSKQ) Kudus untuk melakukan demo lukisan kaligrafi yang langsung dibawakan oleh Gus Assiry (Pimpinan Pondok Pesantren).


Bertempat di Pendopo Kecamatan Dempet, pengajian yang menghadirkan KH. Amin Maulana Budi Harjono dari Semarang tersebut dimeriahkan oleh pagelaran tari sufi yang diikuti oleh sekitar 100 penari. Pengajian tersebut juga melibatkan komponen organisasi masyarakat setempat yang diwakili oleh Banser Kecamatan Dempet.

Pengajian Umum dan Kegiatan Sholawat adalah salah satu acara yang digemari masyarakat pedesaan terutama di Kabupaten Demak. Dari sinilah mahasiwa KKN-K STAIN Kudus ingin memberikan kesan penutupan yang penuh nuansa religi di Kota Wali Demak. Selain menyajikan hiburan, masyarakat juga diharapkan teredukasi oleh penceramah dan seluruh kegiatan yang mewarnai pengajian tersebut.

Foto dipublikasikan oleh Al Mubarok Qudsiyyah Kudus

Hal yang sama juga akan dilakukan oleh Mahasiswa KKN-K STAIN Kudus di Kecamatan Wonosalam. Kegiatan Pengajian Umum kali ini akan menghadirkan Habaib dari Kudus yaitu Habib Hilmi dan Habib Fahmi Alidrus yang dimeriahkan oleh Hadrah Mahabbaturrasul Kudus . Acara tersebut akan diselenggarakan pada Selasa 6 Februari mulai ba’da Isya di Lapangan depan Hotel Amantis, Jalan Lingkar Demak.

Sebelumnya, Mahasiswa KKN-K di Kecamatan Wonosalam juga melakukan penutupan dengan Peringatan Maulid Nabi dan sholawatan bersama Al Mubarok Qudsiyyah Kudus, tepatnya di Posko 15 Desa Mrisen, Kecamatan Wonosalam.
Adv 1
Share this article :

+ comments + 1 comments

6 Februari 2018 pukul 11.04

Hallo Selamat saiang,
Salam hangat, Perkenalkan kami PT Hebros, perusahaan yang bergerak di bidang IT dan Jasa pemasangan serta Maintenance semua kamera CCTV indoor dan Outdoor (sesuai kebutuhan) yang berkantor di Jakarta Timur.
Website : https://www.hebros.co.id
Email : support@hebros.co.id

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger