Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Haul Sewindu KH. M. Ma'ruf Irsyad Dipusatkan di Masjid Kaujon

Haul Sewindu KH. M. Ma'ruf Irsyad Dipusatkan di Masjid Kaujon


Peringatan Haul Ulama Kota Kudus, KH. M. Ma'ruf Irsyad akan digelar pada Rabu ini, 25 April 2018 di Masjid Kaujon Langgar Dalem Kudus. Tahun ini merupakan Haul sewindu bagi Almarhum KH. M. Ma'ruf Irsyad yang rutin diperingati oleh masyarakat Kudus menjelang bulan Ramadhan (10 Sya’ban).

Sebagaimana diketahui, KH. M. Ma'ruf Irsyad merupakan putra dari KH. M. Irsyad. KH. M Ma’ruf Irsyad lahir pada hari ahad pon, 27 Muharrom 1358 H. Yang bertepatan dengan 19 Maret 1939 M di Langgar Dalem Kudus dari pasangan KH. M. Irsyad dan Hj. Munijah. Kyai Ma’ruf merupakan anak ke sembilan dari sepuluh bersaudara. 

Namun yang hidup dari sepuluh bersaudara tersebut sampai dewasa hanya lima yaitu ibu Nyai Hj. Ruqoyyah, KH. Mas’ud , KH. Selamet Solichul Hadi, Nyai Hj. Zubaedah, dan KH. M. Ma’ruf irsyad. Ayah beliau berasal dari balung kendal, balerejo, dempet, Demak dan merupakan seorang sufi yang saleh dan handal mengaktualisasikan kitab-kitab salaf.

Pengetahuan agama yang luas serta kebijakan dan ahlaqnya yang luhur menjadi salah satu faktor KH. Ma’ruf Irsyad akhirnya menjadi kyai besar seperti abahnya. Garis keturunan belia jika ditarik ke atas adalah Ma’ruf Bin Irsyad Bin Kertonadi Bin Ahmad Yasir Bin Syariban Bin Syeh Dzakirin kemudian nasab beliau berlanjut sampai pada Pangeran Kadilangu Demak.

Bahkan sejumlah kalangan mempercayai bahwa Kyai Ma’ruf Irsyad termasuk keturunan Raden Syahid Sunan Kalijaga  Demak yang merupakan salah satu Walisongo.

Adapun ibunda Kyai Ma’ruf adalah putri dari Mbah Sumo Masijan seorang tukang jagal kerbau yang tersohor sebagai ahli bidang ilmu supranatural yang berdomisili dikota kudus, yang konon berasal dari Kadilangu Demak.

KH.M. Ma'ruf Irsyad wafat pada pagi hari Kamis Legi tanggal 10 Sya'ban 1431 H bertepatan dengan tanggal 22 Juli 2010 di RSUD Kudus padahal pada malam sebelumnya, beliau masih mengisi acara Haul Abahnya KH. M. Irsyad yang rutin diadakan setiap tahun.

Acara Haul KH.M. Irsyad dan KH. M. Ma’ruf Irsyad untuk tahun ini akan diawali dengan khotmil qur’an mulai pukul 06.30 hingga jelang dhuhur. Acara dilanjutkan sore harinya ba’da ashar dengan ziarah ke makam beliau di Area Makam Sedio Luhur Krapyak Kudus, dan pada malam harinya, akan diselenggarakan temu alumni (reuni) Pondok Pesantren Raudlatul Muta’allimin Kudus mulai ba’da maghrib.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada acara Haul KH. M. Ma’ruf Irsyad selalu diselengarakan pengajian umum di Masjid Kaujon Langgar Dalem.  Untuk tahun ini, KH. Musthofa Bisri (Gusmus) dari Rembang akan memberikan mauidhoh hasananhya. Acara pengajian akan dimeriahkan dengan pembacaan Maulid Nabi yang akan dibawakan oleh Ust. Ashfal Maula dan iringan rebana Al Mubarok Kudus.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger