Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Adab Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Adab Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Di dalam kita melakukan ibadah puasa harus dengan adab diantaranya, ketika kita berpuasa hendaklah jangan terlalu menyibukkan diri dengan dunia khususnya puasa Ramadhan bahkan kalau bisa kita kosongkan waktu khusus untuk ibadah kepada Allah SWT, dengan banyak-banyak menggingat kepadanya sebanyak yang kita mampu. Jangan kita menyibukkan diri dengan dunia kecuali yang harus kita lakukan karena tidak bisa ditinggalkan separti mencari nafkah buat keluarga. Bulan Ramadhan ini bulan yang sangat mulia diantara bulan-bulan yang lain.

Dan selain adab juga banyak sekali sunah-sunnah yang sebaiknya kita kerjakan dibulan ramadhan untuk menambah fadilah puasa kita, Salah satunya bersegerahlah untuk berbuka puasa kalau memang kita yaqin sudah masuk waktu magrib begitupun disunnah kan untuk mentakhirkan waktu sahur nya, dan usahakanlah berbuka dengan kurma itu sunnah Nabi Muhammad SAW, bahwasanya Nabi Muhammad SAW berbuka dengan kurma sebelum beliau melakukan ibadah sholat magrib.

Dan dianjurkan bagi semua ummat agar mereka dibulan yang mulia ini mengurangi makan, tujuanya agar mereka benar-benar merasakan lapar dan dahaga karena itu bisa mendidik jiwa manusia dan bisa menerangi hati. Sebaliknya apa bila mereka banyak makan dibulan yang mulia ini maka mereka akan merasa berat dan malas untuk melakukan ibadah kepada Allah.

Jagalah mata, telinga, lisan kita dibulan yang mulia ini jangan rusak pahala puasa kita dengan melakukan sesuatu yang tidak di ridoi Allah SWT. Perbanyaklah berbuat baik dibulan yang mulia ini bersedekah, saling membantu khususnya memberikan makan untuk orang berbuka puasa itu sangat besar sekali pahalanya,

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwasannya siapa orang yang bersedekah untuk orang berbuka puasa walau cuma satu kurma atau satu teguk air maka Allah SWT akan memberikan pahala puasa yang kita berikan sedekah kepada nya tanpa di kurangi sedikit pun oleh Allah Ta’la.

Dan jangan tinggalkan sholat tarawih ini adalah sunnah Nabi Muhammad SAW untuk mensyiarkan dan menghidupkan malam-malam Ramadhan juga fadilah dan pahalanya sangat besar sekali. Juga perbanyaklah membaca Alquran dibulan yang mulia ini, karena semua amalan dibulan suci ramadhan dilipatgandakan pahalanya, banyak sekali rahmat Allah SWT dibulan ramadhan, kita sebagai hamba Allah SWT.

Sebagai ummat Nabi Muhammad SAW harus bersyukur karena kita masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk menikmati indahnya fadilah dan keutamaan yang tiada terhingga dari Allah SWT dibulan yang suci ini, oleh karena itu kita tidak boleh lalai dan malas untuk beribadah dan selalu dengan ikhlas menghadirkan hati kita disetiap ibadah yang kita lakukan tidaklain semua itu hanya mengaharap ampunan dan ridonya Allah SWT.

Ya Allah berkahi kami dibulan yang indah yang penuh dengan rahmat dan maghfiroh darimu Ya Robbii.



Habib Muhammad Syahab
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger