Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Gema Ramadhan 1439 H UMK Hadirkan Berbagai Kegiatan

Gema Ramadhan 1439 H UMK Hadirkan Berbagai Kegiatan

sumber: umk.ac.id
Memasuki bulan Ramadhan 1439 H, civitas akademika Universitas Muria Kudus dan Forum Mahasiswa Islam (Formi) UMK mengadakan serangkaian kegiatan untuk memeriahkan serta mengisi Ramdahn dengan kegiatan-kegiatan positif keagamaan.

Kegiatan Ramadhan 1439 H UMK akan dipusatkan di Masjid Daarul Ilmi UMK. Kegiatan akan dimulai pada ba’da dhuhur dengan mengkaji Kitab Hadist Arba’in An Nawawi yang akan diisi oleh KH. Sa’addudin Annasih.  KH. Sa’addudin Annasih adalah pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Ngembalrejo yang juga pengurus Aswaja Center Kudus.

Kemudian, pada ba’da ashar akan dilangsungkan pengajian Kitab Futuhat al Madaniyyah oleh Ust. M. Subhan al Hifdzi. Kitab Futuhat al Madaniyyah merupakan karya Imam Nawawi bin Umar al Bantani yang merupakan risalah pemikiran beliau pada Kitab Futuhat Makkiyyah karya Imam Ibnu al Araby serta Kitab an Nuqayyah karya Imam As Suyuthi.

Usai pengajian Kitab Futuhat al Madaniyyah, kegiatan akan berlanjut dengan menghadirkan tajuk “Civitas Kampus Bertadarus” yang merupakan kegiatan tadarusan oleh mahasiswa UMK. Saetelah tadarusan, menjelang sholat maghrib akan ada ta’jil dan buka puasa gratis di Masjid Daarul Ilmi UMK.

Untuk muslimah, telah disiapkan satu agenda yang menarik. Setiap jumat siang selama bulan Ramadhan 1439 H, akan dihadirkan Kajian Spesial Muslimah bersama Ustadzah Ngatmi Indrawati di Gedung E lantai 1.

Kegiatan lain yang juga diagendakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMK adalah buka bersama seluruh organisasi kemahasiswaan di lingkungan UMK sambil membahas kegiatan-kegiatan BEM UMK selanjutnya. 

Seperti yang kami kutip dari situs resmi UMK, ketua BEM UMK, Moh. Habiburrahman, mengemukakan bahwa kegiatan buka bersama tersebut berfungsi sebagai sarana silaturahmi dan mengakrabkan kembali para aktivis UMK. Sebab disadarinya, silaturahmi dan keakraban yang terjalin, merupakan modal penting dalam menjalankan roda organisasi, terlebih untuk menjalankan BEM dan Ormawa.

Kegiatan Ramadhan lainnya di UMK adalah Peringatan Nuzulul Qur’an pada tanggal 1 Juni 2018. Akan ada Khataman Qur’an, santunan anak yatim, dan tabligh akbar dalam perhelatan itu.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger