Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » KH. Miftahuddin Jalil Jekulo: Pelajar NU Harus Tahu Mu’taqod 50

KH. Miftahuddin Jalil Jekulo: Pelajar NU Harus Tahu Mu’taqod 50


Dalam pengajian Aswaja yang diselenggarakan oleh PAC IPNU IPPNU Jekulo setiap Senin malam Selasa  di kediaman KH. Miftahuddin Jalil, Kita sebagai pelajar NUsantara diingatkan harus tau dan hafal Mu'taqod 50.

KH. Miftahuddin Jalil pun membahas realita yang diajarkan di sekolah-sekolah jaman sekarang. “Yang diajarkan malah tauhid Rububiyah, Uluhiyah, Asma' Wa Shifat dan juga tauhid Mulukiyah”, kata beliau.

“Kalau Mu'taqod 50 itu berasal dari imam kita di bidang aqidah yaitu Imam Al-Asy'ari dan Imam Al-Maturidi (Imam Ahlussunnah wal jama'ah), sedangkat tauhid Rububiyyah, dan seterusnya itu dari Ibnu Taimiyah yang ajarannya diteruskan oleh orang-orang seterusnya dan sudah melencengkan ajaran dari Ibnu Taimiyah”, lanjut  KH.Miftahuddin Jalil.


“Memang sekilas kalau dilihat tauhid Rububiyah, dan seterusnya itu bagus, tapi setelah dikaji ulang oleh Kementerian Agama, itu bukan ajaran Ahlussunnah Wal Jama'ah . Nah... hal itulah yang menjadi perhatian bagi Kementerian kenapa bisa kecolongan dengan adanya perihal tersebut di sekolah-sekolah”, papar beliau selanjutnya.

Mu’taqod 50 merupakan 50 aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah yang masuk ke dalam dua kelompok besar yaitu Ilahiyyah dan Nubuwiyyah. Aqidah Ilahiyyah terdiri dari 41 sifat yaitu dua puluh sifat wajib bagi Alah, 20 sifat mustahil, dan 1 sifat jaizNya Allah SWT.

Sedangkan, Nubuwiyyah terdiri dari 9 sifat yaitu 4 sifat wajib bagi para rasul, 4 sifat mustahil bagi para rasul, dan 1 sifat jaiznya.

“Kita sebagai Pelajar NUsantara harus ngaji”, pungkas  KH.Miftahuddin Jalil pada tanggal 23 Juli 2018 M di kediamannya.


Sumber berita dan foto: Addil Haq (Anggota PAC IPNU Jekulo)
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger