والحاصل أنه يحرم رؤية شيء من بدنها وإن أبين كظفر وشعر عانة وإبط ودم حجم وفصد لا
نحو بول كلبن والعبرة في المبان بوقت الإبانة فيحرم ما أبين من أجنبية وإن نكحها
ولا يحرم ما أبين من زوجة وإن أبانها وشمل النظر ما لو كان من وراء زجاج أو مهلهل
النسج أو في ماء صاف وخرج به رؤية الصورة في الماء أو في المرآة فلا يحرم ولو مع
شهوة ويحرم سماع صوتها ولو نحو القرآن إن خاف منه فتنة أو التذ به وإلا فلا
والأمرد فيما ذكر كالمرأة
ويحرم سماع صوتها ولو نحو القرآن إن خاف منه فتنة أو التذ به وإلا فلا والأمردفيما
ذكر كالمرأة
Haram mendengarkan suara wanita kendati semacam bacaan alQurannya apabila terkuatirkan timbul fitnah lantaran hal itu atau ia merasakan kenikmatan syahwat disebabkannya. Namun jika tidak demikian adanya yang terjadi, Maka tidak apa-apa. Sedangkan ketentuan bagi amrod (pemuda tampan tanpa jenggot) dalam perkara tersebut sama seperti kaum wanita.
Menurut pendapat ulama yang paling shahih
suara wanita tidak tergolong aurat, namun bila dikhawatirkan terjadi fitnah
atau menimbulkan rasa nikmat saat mendengarkannya maka mendengarkan suaranya
menjadi haram.
وَصَوْتُهَا لَيْسَ بِعَوْرَةٍ عَلَى الْأَصَحِّ لَكِنْ يَحْرُمُ الْإِصْغَاءُ
إلَيْهِ عِنْدَ خَوْفِ الْفِتْنَةِ
“Dan suara wanita menurut pendapat
yang paling shahih (benar) tidak termasuk aurat tetapi haram mendengarkannya
dengan seksama bila dikhawatirkan terjadi fitnah” (Hasyiyah alBujairomi).
قوله وليس من العورة الصوت ) أي صوت المرأة ومثله صوت الأمرد فيحل سماعه ما لم تخش
فتنة أو يلتذ به وإلا حرم ( قوله فلا يحرم سماعه ) أي الصوت
(Keterangan: ‘Tidak masuk bagian
aurat adalah suara wanita’) seperti halnya suara Amrod (pemuda tampan tanpa
jenggot) maka halal mendengarkannya selagi tidak menimbulkan fitnah dan tidak
merasa nikmat dengan suara tersebut. Namun bila mengakibatkan dua hal di atas
hukum mendengarkan suara wanita adalah haram. (I’aanah at-Thoolibiin III/260)
Ust. Masaji Antoro dan Ust. Zain Elarifin Yahya
Posting Komentar