Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Universitas Muria Kudus Akan Gelar Lomba Rebana Mahasiswa se Pulau Jawa

Universitas Muria Kudus Akan Gelar Lomba Rebana Mahasiswa se Pulau Jawa


Dalam Rangka Festival Maulid yang sudah 7 tahun ini terselenggara dengan baik, Universitas Muria Kudus dan Forum Mahasiswa Islam (FORMI) UMK akan menggelar Lomba Rebana tingkat Mahasiswa se Pulau Jawa.

Rebana merupakan salah satu cara penyebaran syi’ar islam melalui kesenian dan kebudayaan. Di Kudus sendiri, Rebana telah populer di kalangan anak-anak muda dan telah mengambil hati mereka. Melalui lantunan qasidah sholawat dan iringan rebana, anak-anak muda yang dahulu awam dengan kesenian islam, akhir-akhir ini menjadi respek terhadap kesenian islam itu sendiri. Anak-anak muda yang biasanya menghabiskan waktu untuk nongkrong-nongkrong itu pun jadi mau mendatangi majelis-majelis taklim secara berbondong-bondong karena ketertarikannya akan qasidah sholawat yang diiringi rebana dalam acara itu.

Oleh karena itu, FORMI UMK kembali mengadakan lomba rebana pada kesempatan Festival Maulid ini seperti halnya Festival Maulid tahun-tahun sebelumnya. Dalam kesempatan Festival Maulid ke 6 yang telah lalu, dengan tajuk UMK Bersholawat, FORMI UMK sukses mengadakan Lomba Rebana tingkat Jawa Tengah yang diikuti oleh 32 tim rebana dan  hastag  #LombaRebanaFormiUMK2018 sukses menjadi 20 besar trending topic di twitter.

Pendaftaran peserta Lomba Rebana ini dibuka hingga 11 Januari 2019 di Universitas Muria Kudus dan terbatas untuk 40 grup rebana. Calon peserta adalah grup rebana perwakilan universitas/ sederajat di pulau Jawa dan wajib mengisi formulir pendaftaran serta memberikan infaq sebesar Rp 175.000,00 per grup yang dibayarkan maksimal H-5 sebelum Technical Meeting pada tanggal 11Januari pukul 13.00 WIB di tempat yang sama. Festival rebana ini dibuka untuk umum dengan jumlah personil dalam satu grup rebana maksimal 15 orang (putra/ putri/ campuran) dan wajib mengirimkan salah satu anggota/ perwakilan pada saat Technical Meeting.

Dalam acara perlombaan nanti, setiap grup diharuskan menampilkan dua qasidah sholawat bebas  yang dipilih oleh peserta sendiri dengan syarat berbahasa arab. Namun, para peserta diwajibkan membuat yel-yel  dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh panitia yaitu Yel-yel FESTIVAL MAULID KE 7, FORMI UMK, dan GEMA SHOLAWAT PEMERSATU UMAT.

Pelaksanaan lomba sendiri adalah pada hari Rabu 16 Januari 2019 mulai pukul 08.00 WIB di Universitas Muria Kudus. Acara Lomba Rebana ini nantinya akan mengawali rangkaian acara Festival Maulid ke 7 FORMI UMK. Pada Kamis tanggal 17 Januari 2019 rencananya akan diadakan Seminar Nasional, dan pada Sabtu malam Ahad 19 Januari 2019 akan berlangsung pengajian akbar bertajuk UMK Bersholawat.


Sumber info: Maknun al Hannan
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger