Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Anjuran-anjuran Di Bulan Rajab

Anjuran-anjuran Di Bulan Rajab

Kaum muslimin yang dimuliakan Allah SWT, sebentar lagi kita akan menuju kepada Bulannya Allah SWT yaitu Bulan Rajab Al Ashob. Dinamakan Al Ashob karena di bulan ini Allah SWT Tumpahkan Rahmat yang belimpah, Bulan Rajab ini salah satu bulan-bulan Haram yang Allah SWT telah menciptakan dalam Satu tahun dua belas bulan.

Allah SWT berfirman: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa ( At Taubah 36 ).

Bulan rajab termasuk salah satu bulan haram yang mana ulama ketika masuk pada bulan-bulan haram mereka lebih lagi meningkatkan, memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. Nabi Muhammad SAW Bersabda, "Ada lima malam dalam satu tahun yang mana apabila seseorang berdo’a dimalam-malam itu doanya tidak akan ditolak oleh Allah yang maha Mengabulkan, diantaranya: 
1 Malam pertama dari bulan Rajab
2 Malam Nishfu Sy’ban
3 Malam Jum’at
4 Malam I’dul Fitri
5 Malam I’dul Adha
Lima malam ini dimana doa di ijabah". 

Al Imam Ali Karromallah Wajha adalah seseorang yang selalu bertaqwa kepada Allah dan Sangat Rajin beribadah setiap hari meningkatkan ibadahnya, akan tetapi dalam satu tahun ada empat malam yang benar-benar beliau khususkan untuk ibadah kepada Allah yaitu : Malam pertama dari bulan Rajab, Malam Nishfu Sy’ban, Malam I’dul Fitri, Malam I’dul Adha.

Di bulan Rajab ini kita dianjurkan memperbanyak ibadah Puasa dan istiqfar minta ampunan pada Allah, juga dianjurkan untuk benar-benar bertubat, Karena ini bulan Nya Allah. Nabi Muhammad SAW bersabda: Rajab adalah bulan nya Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Romadhon bulan Ummatku.

Ulama Berkata: Rajab Bulan Istiqfar, Sya’ban bulan Sholawat kepada Nabi Muhammad, Romadhon Bulan Alquran. Dan bulan rajab ini pula Ada peristiwa besar yaitu Isro wa Mi’raj nya Nabi Muhammad SAW.

Allah SWT Berfirman: Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Di bulan ini pula kita mendapat perintah sholat, ikhwan yang dimuliakan Allah, jangan sampai kita lalai dibulan-bulan yang Allah SWT beri kemuliaan dibulan-bulan Tersebut, Saudara-saudarku Seiman, sebentar lagi kita akan ditinggalkan oleh bulan yang mulia ini, mari bersama kita lebih meninggkatkan lagi Ibadah kita, memperbanyak Istiqfar kita kepada Allah, Bertaubat, mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, Mudah-mudahan dibulan Rajab ini dihari juma’t terakhir dibulan Rajab ini kita mendapat Ampunan dari Yang maha mengampunin, Dzat yang Mulia Allah. Amin.



Habib Muhammad Syahab
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger