Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Inilah Rangkaian Acara Peringatan Ta’sis Masjid Menara Kudus 1440 H

Inilah Rangkaian Acara Peringatan Ta’sis Masjid Menara Kudus 1440 H


Dalam rangka peringatan Ta’sis (pendirian) Masjid Al Aqsha Menara Kudus yang terjadi pada 19 Rajab 956 H, Panitia penyelenggara peringatan Ta’sis Masjid Al Aqsha menyelenggarakan berbagai acara yang akan memeriahkannya. Sebagaimana diketahui, Yayasan Masjid Menara Makam Sunan Kudus (YM3SK) setiap tahunnya selalu menyelenggarakan peringatan Ta’sis Masjid Menara Kudus yang puncak acaranya digelar setiap 19 Rajab, sesuai dengan tanggal berdirinya Masjid Al Aqsha Kudus yaitu 19 Rajab 956 H yang tertuang dalam prasasti.

Panitia pun telah melakukan press conference melalui KH. Em Nadjib yang diupload di kanal youtube resmi Menara Kudus. Dalam rilis tersebut, panitia menyebutkan aka nada beberapa rangkaian acara dalam rangka peringatan Ta’sis Masjid Al Aqsha Kudus.

Rangkaian acara akan berlangsung selama 2 hari yaitu 24 – 25 Maret 2019 atau bertepatan dengan 17 – 19 Rajab 1440 H. Acara akan diawali dengan pembukaan Ta’sis pada Ahad 24 Maret 2019 pukul 10.00 WIB di Panggung Utama yang berlokasi di depan Menara Kudus. Selanjutnya, pada malam Senin nya akan digelar pagelaran Terbangan Kolosal yang akan dimeriahkan oleh tim-tim Hadroh terpilih yang sudah mendaftarkan diri via online.


Selain menampilkan pagelaran Terbang Kolosal, pada malam yang sama juga akan dilangsungkan acara Jagong Gusjigang yang mengambil tema “Banyu Panguripan, Urip, dan Urup” di Gedung Menara (Gedung YM3SK).  Banyu Panguripan merupakan air yang diambil dari 50 sendang yang ada di Wilayah Kabupaten Kudus yang diantaranya adalah sendang Menawan di Gebog dan sendang Jodo di Bae.

Simbol banyu panguripan sendiri dapat kita jumpai di atas artifak-artifak Menara yang merupakan ajaran-ajaran Sunan Kudus yang membentuk  keberagaman toleransi di Kabupaten Kudus. Banyu Penguripan dari 50 sendang tersebut rencananya akan dikirab pada  Senin 25  Maret 2019 mulai ba’da dhuhur (pukul 13.00 WIB) di Alun-Alun Kudus menuju ke Menara Kudus. Di saat yang bersaman juga akan digelar acara Khataman Al Qur’an sebanyak 19 kali yang akan dipusatkan di Panggung Utama depan Manara Kudus.

Senin malam selasa yang merupakan puncak acara Peringatan Ta’sis Masjid Al Aqsha akan diadakan Parade Hadrah di Depan Menara Kudus yang akan diikuti oleh tim-tim Hadroh Pemenang Pemilihan tim Hadrah terbaik yang telah mendaftarkan diri dengan mengupload penampilannya melalui Youtube.  Acara tersebut akan digelar bersamaan dengan PAsamuan Ta’sis di Gedung Menara.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger