Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Inilah Rangkaian Acara Harlah TBS ke 94

Inilah Rangkaian Acara Harlah TBS ke 94


Nama TBS sudah tak asing lagi bagi warga Kudus. Salah satu madrasah besar yang telah mencetak banyal ulama tersebut akan memperingati hari lahirnya pekan ini. Madrasah TBS Kudus berdiri tanggal 7 Jumadal Akhirah 1347 H (tahun Alif)   bertepatan dengan tanggal 21 Nopember 1928 M, pada masa penjajahan Belanda dan dua tahun setelah berdirinya Jam’iyyah Nahdlotul Ulama’ (NU), dengan nama TASYWIQUTH THULLAB (TB) yang artinya “Gairah / Kecintaan yang amat sangat para siswa (terhadap ilmu pengetahuan)”.

Nama ini diambil dari nama Pondok Pesantren yang berlokasi di dukuh Balaitengahan desa Langgardalem, Kota, Kudus. Pondok tersebut dikelola oleh KH Noor Chudlrin dengan Lurah Pondok saat itu KH Chadziq. Muassis atau pendiri Madrasah TBS Kudus adalah KH Noor Chudlrin dan KH Abdul Muhithalumnus Al Azhar Kairo.

Tahun 1441 H ini, Madrasah TBS akan memperingati hari lahirnya ke 94. Ikatan Alumni TBS atau yang disebut IKSAB telah menyiapkan serangkaian acara untuk memeriahkan Harlah94 TBS yang mengambil tagline “Meneguhkan Pondasi, Melejitkan Potensi, Memanta[pkan Prestasi”.

Agenda pertama telah terlaksana pada hari ini, Rabu 29 Januari 2020 dengan Jalan Sehat. Jalan sehat tersebut melewati rute MA TBS – Pertigaan Polytron – Pertigaan Jember -  Perempatan Baagil – Pertigaan TS – dan kembali lagi ke MA TBS. Acara tersebut diikuti oleh sluruh santri TBS dari tingkat Ibtidaiyah hingga Aliyah beserta para guru dan karyawan madrasah. Selian itu, acara Jalan Sehat juga dimeriahkan dengan penampilan marsching band dan sarung-sarung yang digunakan oleh para peserta.

Kamis 30 Januari 2020 akan diawali dengan ziarah ke Muassis dan Masyayikh TBS yang berada di

Acara pada hari itu akan dilanjutkan dengan kataman Qur’an oleh ribuan santri dan siswa TBS. Khataman Qur’an dilakukan secara marathon dari ba’da ashar hingga Jumat dini hari waktu Kudus. Acara Khataman Qur’an akan dilaksanakan sebanyak 94 khataman. Tempat-tempat yang disediakan untuk acara ini meliputi Gedung PAUD TBS, Gedung MI TBS, Gedung MPTS, Gedung MTs, Gedung MA TBS, dan Pondok Pesantren At Thullab.

Acara puncak berupa tasyakuran yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu  mulai ba’da dhuhur di Gedung MA NU TBS. Acara tasyakuran akan diselenggarakan secara sederhana. Acara akan melibatkan para masyayikh, guru, karyawan, serta tamu undangan.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger