Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Kerja Bakti GP Ansor Kesambi Bersihkan Sampah di Jembatan Satu Kali Kesambi

Kerja Bakti GP Ansor Kesambi Bersihkan Sampah di Jembatan Satu Kali Kesambi


Musim hujan yang mulai datang di Indonesia dan Kabupaten Kudus sangat akrab dibarengi bencana banjir di beberapa tempat, apalagi di beberapa daerah di Kabupaten Kudus merupakan daerah yang rawan banjir. Salah satu daerah tersebut adalah di sekitaran Kali Kesambi di Kecamatan Mejobo. Kali Kesambi merupakan sungai yang dilewati aliran air dari pegunungan Muria yang sering membawa debit air dalam jumlah yang sangat banyak di musim penghujan.

Sebagaimana diberitakan di beberapa media lokal Kudus, pada Januari tahun 2019 yang lalu pun di Aliran Kali Kesambi Jembatan Satu, Dua, dan Tiga sering dipenuhi sampah-sampah yang terbawa aliran banjir di sungai tersebut. Oleh karena itu, dalam rangka menjaga aliran Kali Kesambi agar tetap lancar, tim GP Ansor Desa Kesambi secara sukarela melakukan bersih-bersih sungai. Kegiatan tersebut difokuskan di area Jembatan Satu Kali Kesambi.

Dalam pantauan kami  dari berita yang dibagikan oleh PR GP Ansor Kesambi, Tumpukan sampah  yang didominasi sampah alami berupa batang kayu maupun ranting-ranting pohon menumpuk sepanjang aliran Kali Kesambi di Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Kudus. Tumpukan sampah akibat terbawa arus sungai tersebut, sering terhenti dan menyumbat aliran sungai di daerah tersebut. Tumpukan sampah sering berhenti tepat di bawah Jembatan Satu hingga menghambat aliran air.


Anggota PR GP Ansor Kesambi berserta Kesatuan Bansernya langsung turun ke bawah Jembatan Satu Kali Kesambi yang pada saat itu sudah keruh karena air yang membawa lumpur dari hulu sungai yang berada di Muria. Derasnya aliran sungai tak membuat semangat para anggota luntur. Dengan peralatan yang apa adanya, tim berusaha menyingkirkan sampah-sampah dari bawah Jembatan Satu.

Dari kegiatan ini, PR GP Ansor Kesambi berharap masyarakat tidak sembarangan membuang sampah ke sungai. Menurut para relawan, masih adanya sampah plastik berupa bungkus makanan dan lainnya yang turut terbawa arus, merupakan akibat ulah manusia yang membuang sampah semabarangan.  Ditambah dengan material dari pepohonan dan kayu-kayu yang bisa jadi sengaja dibuang ke aliran sungai, maka sampah-sampah tersebut pada akhirnya akan menghambat aliran sungai yang deras di waktu hujan, hingga air pun meluber ke jalan dan pemukiman.



Sumber berita dan foto: PR GP Ansor Kesambi
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger