Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Tiga Hal Yang Harus Diwaspadai

Tiga Hal Yang Harus Diwaspadai

Rasulullah SAW bersabda:

ﻭَﻣَﻦْ ﺃَﺻْﺒَﺢَ ﻭَﻫُﻮَ ﻳَﺸْﻜُﻮ ﺿِﻴْﻖَ ﺍﻟﻤَﻌَﺎﺵِ ﻓَﻜَﺄَﻧَّﻤَﺎ ﻳَﺸْﻜُﻮ ﺭَﺑَّﻪُ ﻭَﻣَﻦْ ﺃَﺻْﺒَﺢَ ﻟِﺄُﻣُﻮْﺭِ ﺍﻟﺪُﻧْﻴَﺎ ﺣَﺰِﻳْﻨًﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺃَﺻْﺒَﺢَ ﺳَﺎﺧِﻄًﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﻣَﻦْ ﺗَﻮَﺍﺿَﻊَ ﻟِﻐَﻨِﻲٍّ ﻟِﻐِﻨَﺎﻩُ ﻓَﻘَﺪْ ﺫَﻫَﺐَ ﺛُﻠُﺜَﺎ ﺩِﻳْﻨِﻪِ

“Bagi siapa di pagi hari mengeluhkan kesulitan hidupnya (kepada orang lain), maka dia seakan-akan mengeluhkan Rabbnya. Bagi siapa di pagi hari bersedih karena urusan duniawinya, maka pada pagi itu sungguh ia tidak puas dengan ketetapan Allah. Bagi siapa yang menghormati seseorang karena kekayaannya, maka sungguh telah hilang 2/3 dari agamanya.”

Melakukan syikayah (pengaduan) atas nasib buruk yang dialami seseorang kepada orang lain termasuk petanda tidak ridho atas bagia yang telah diberikan oleh Allah. Kita tidak boleh melakukan syikayah, kecuali kepada Allah, sebab syikayah kepada Allah termasuk do’a. 

Hal ini sebagaimana disebutkan dari riwayat ‘Abdullah bin Mas’ud ra bahwa Rasulullah bersabda :

ﺃَﻟَﺎ ﺍُﻋَﻠِّﻤُﻜُﻢْ ﺍﻟﻜَﻠِﻤَﺎﺕِ ﺍﻟَّﺘِﻲ ﺗَﻜَﻠَّﻢَ ﺑِﻬَﺎ ﻣُﻮْﺳَﻰ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﺣِﻴْﻦَ ﺟَﺎﻭَﺯَ ﺍﻟﺒَﺤْﺮَ ﻣَﻊَ ﺑَﻨِﻰ ﺇِﺳْﺮَﺍﺋِﻴْﻞَ ﻓَﻘُﻠْﻨَﺎ ﺑَﻠَﻰ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻗَﺎﻝَ ﻗُﻮْﻟُﻮْﺍ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻟَﻚَ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻭَﺇِﻟَﻴْﻚَ ﺍﻟﻤُﺸْﺘَﻜَﻰ ﻭَﺃَﻧْﺖَ ﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﻌَﺎﻥُ ﻭَﻟَﺎ ﺣَﻮْﻝَ ﻭَﻟَﺎ ﻗُﻮَّﺓَ ﺇِﻟَّﺎ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﺍﻟﻌَﻠِﻲِّ ﺍﻟﻌَﻈِﻴْﻢِ

“Maukah kalian aku ajarkan doa yang dibaca nabi Musa a.s ketika melewati laut bersama bani Isra’il, kami (para sahabat) menjawab: tentu saja mau ya Rasulullah, beliau bersabda: “Bacalah ‘Allahumma laakal hamdu wa ilaikal musytakaa, wa antal musta’an, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘Aliyyil ‘Azhiim.” (ya Allah , segala puji hanya bagi-Mu, hanya kepada-Mu lah kami mengadu, dan hanya kepada-Mu lah kami meminta I sauda, Tiada daya (untuk menjauhi maksiat) dan tiada kekuatan untuk taat, kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

Al-A’masy berkata: “sejak aku mendengar do’a tersebut dari saudara kandungku, Al-Asady Al-Kufy menerima do’a tersebut dari ‘Abdullah ra, maka aku tidak pernah meninggalkannya.

Al-A’masy juga berkata: “aku pernah bermimpi didatangi seseorang, dia berkata: “Wahai Sulaiman, tambahkanlah pada do’a tersebut kalimat ini:

ﻭَﻧَﺴْﺘَﻌِﻴْﻨُﻚَ ﻋَﻠَﻰ ﻓَﺴَﺎﺩٍ ﻓِﻴْﻨَﺎ ﻭَﻧَﺴْﺄَﻟُﻚَ ﺻَﻠَﺎﺡَ ﺃَﻣْﺮِﻧَﺎ ﻛَﻠِّﻪِ
Dan kami memohon pertolongan kepada-Mu atas segala kerusakan yang pada diri kita dan kami memohon kepada-Mu diberikan kebaikan atas segala urusan kami.

Orang yang di pagi hari bersedih karena urusan duniawi dikatakan telah membenci Rabbnya, karena hal ini mencerminkan bahwa dia tidak ridha dengan qadha’ Allah, tidak bersbar atas cobaan-Nya, dan tidak beriman dengan qadar-Nya, padahal semua yang terjadi di dunia ini adalah atas qadha’ dan qadar Allah.

Seseorang dilarang memuliakan orang lain karena hartanya, karena menurut syari’at, seseorang hanya boleh memuliakan orang lain karena keshalihan dan keilmuannya. Orang yang memulikan harta di atas segala-galanya, itu berarti telah menghina ilmu dan keshalihan.

Syaikh ‘Abdul Qadir Jailani qaddasallahu sirahu (semoga Allah mensucikan rahasianya) dalam pesannya mengatakan: “Setiap mukmin tidak boleh lepas dari tiga hal berikut yakni melaksanakan perintah Allah, menjauhi larangan Allah, dan menerima qadha’ dan qadar.”



Diambil dari Kitab Nasha’ihul ‘Ibad karya Imam Nawawi Al-Bantani
Adv 1
Share this article :

+ comments + 1 comments

2 September 2020 pukul 11.56

ada 9 permainan poker menarik di AJOQQ :D
ayo segera bergabung dan dapatkan bonusnya :D
WA : +855969190856

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger