Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Kenapa Ayam Mampu Melihat Malaikat Sedangkan Keledai Tidak (1)

Kenapa Ayam Mampu Melihat Malaikat Sedangkan Keledai Tidak (1)

Banyak sudah penelitian ilmiah yang membuktikan kebenaran sabda~sabda Nabi Muhammad Shalallaahu 'Alaihi wa Sallam secara ilmiah. Berikut ini adalah salah~satunya.

Nabi Shalallaahu 'Alaihi wa Sallam bersabda: apabila kalian mendengar ayam jantan berkokok (di waktu malam), maka mintalah karunia kepada Allaah, karena sesungguhnya ia melihat malaikat. Namun apabila engkau mendengar keledai meringkik (di waktu~malam), maka mintalah perlindungan kepada Allaah dari gangguan syaithan,,karena sesungguhnya ia telah melihat syaithan. (Shahih Bukhari dan Muslim)

Kita mungkin sering atau pernah mendengar hadits ini tetapi bisa jadi jarang memikirkannya dan tidak terlintas dalam benak kita untuk meneliti secara ilmiah mengapa itu terjadi. Kemampuan system visual manusia di dunia ini terbatas. Dalam hal ini justru kalah dengan sistem~visual keledai dan ayam  jantan. Pandangan mata manusia terbatas dan tidak dapat melihat apa yang berada di bawah sinar inframerah atau di atas sinar~ultraviolet. Tapi kemampuan indera ayam jantan dan keledai melewati batas itu. Pertanyaannya sekarang, bagaimana keledai dan ayam jantan bisa melihat syaithan dan malaikat, bukan sebaliknya ?

Keledai itu dapat melihat dengan sinar~inframerah, sedangkan syaithan sendiri berasal dari jin yang diciptakan dari api. Artinya, syaithan termasuk dalam lingkup inframerah. Karena itulah, keledai dapat melihat syaithan, tetapi tidak bisa melihat malaikat. Adapun ayam jantan, ia mampu melihat sinar ultraviolet, sedangkan malaikat diciptakan dari cahaya, artinya dari sinar ultraviolet. Karena itulah, malaikat dapat dilihat oleh ayam jantan.

Hal ini menjelaskan kepada kita mengapa syaithan melarikan diri saat disebutkan nama Allah. Penyebabnya adalah karena para malaikat datang ke tempat yang disebut nama Allah itu, sehingga syaithan melarikan diri.

Lantas, mengapa syaithan menghindar bila ada malaikat? Jawabannya, adalah karena syaithan terganggu bila melihat cahaya malaikat. Dengan kata lain, jika sinar ultraviolet bertemu dengan sinarinframerah di satu tempat, maka sinar merah memudar. Maha Besar Allaah atas segala Karunia dan Kuasanya

Diperjelas oleh Al Imam Bukhari dalam kitab Adab Al Mufrad, jika kita mendengar suara kokok ayam jantan di malam hari, maka berdoalah kepada Allaah dan memohon anugerah~anugerah dari Allaah, karena ayam jantan itu berkokok disebabkan melihat malaikat pembawa rahmat kepada hamba Allaah yang melakukan qiyamul lail atau shalat tahajjud di malam hari.

Tetapi jika kita mendengar suara keledai di malam hari, maka berlindunglah kepada Allaah, karena ia melihat syaithan mungkin berupa jin pembawa sihir dan lainnya, demikian pula jika mendengar ringkikan kuda di malam hari maka berlindunglah kepada Allah.

 

FP Kumpulan Hadist dan Al-Qur'an

Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger