Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Rahasiakan Kondisi Ruhani mu (2)

Rahasiakan Kondisi Ruhani mu (2)

Bila anda ingin mengikuti jejak secara benar, maka perbanyaklah mengingat mati, karena mengingat mati itu akan berarti bagi dirimu, nafsumu, dan menjauhkan syetanmu, menepiskan duniawimu. Siapa yang tidak meraih nasehat dari maut, ia tidak akan meraih jalan nasehat. Nabi SAW, bersabda “Cukuplah maut itu sebagai penasehat…”


Bagianmu akan tiba, apakah anda sedang zuhud sekalipun dan anda justru meraih kemuliaan. Tetapi jika bagianmu kau ambil dengan ambisi nafsu, anda meraihnya tetapi tidak meraih kemuliaan. Orang munafik itu malu kepada Allah Azza wa-Jalla ketika bersama makhluk, dan ia merasa sinis ketika tidak berada di tengah publik itu.

Ingat! Jika imanmu dan akidahmu benar, Dia senantiasa memandangmu, Maha dekat dan Maha Mewaspadaimu, maka sungguh anda akan sangat malu. Aku bicara benar padamu, dan aku tidak kawatir pada kalian, juga tidak berharap dari kalian.  Bagiku, kalian tak lebih dari serpihan debu atau sebiji SAWi di muka bumi, karena aku hanya melihat yang memberi bahaya dan manfaat itu tetap dari Allah azza wa-Jalla, bukan dari kalian. Budak dan tuan bagiku sama.

Beranikan untuk mengingkari dirimu dan yang lain melalui jalan syara’, bukan jalan nafsumu, kesenangan atau nalurimu. Bila syariat diam, maka berselaraslah dengan diamnya. Bila syariat bicara, maka serasilah dengan ungkapannya.

Anak-anak sekalian… Jangan mengingkari orang lain dengan hawa nafsumu, tetapi lawanlah dengan imanmu. Iman itulah yang kontra terghadap kemungkaran, sedangkan yaqin, itulah yang menghapus kemungkaran itu. Allah Azza wa-Jalla Yang Menolong dan membelamu. Allah azza wa-Jalla berfirman:

“Bila Allah menolong kalian, tak ada yang mengalahkan kalian” (Ali Imron 160). “Bila kalian memohon pertolongan Allah, Dialah yang menolong kamu dan mengokohkan pijakanmu.” (Muhammad : 7) Bila anda mengingkari kemungkaran sebagai wujud kecemburuan bagi Allah Azza wa-Jalla, Dia akan menolongmu untuk menghapus kemungkaran itu, menolong kalian mengalahkan ahli mungkar dan menghinakannya. Tetapi jika anda nahi mungkar dengan emosi nafsumu, hawa nafsu dan syetanmu, watak hinamu, maka Allah Azza wa-Jalla tidak akan menolongmu mengalahkan ahli mungkar.

Imanlah yang kontra pada kemungkaran. Setiap tindakan nahi mungkar yang tidak didasari iman, maka bukanlah sebagai nahi mungkar. Seharusnya motivasinya hanyalah Lillahi Ta’ala. Bukan kepentingan diri dan nafsumu, atau kepentingan makhluk. Benar-benar untuk kepentingan Allah azza wa-Jalla, bukan untuk kepntingan diri anda.
Tinggalkan stressmu dan ikhlaslah dalam amal-amalmu.

Maut mengintaimu, sudah seharusnya anda berkontemplasi. Karena itu tinggalkan ambisimu yang telah membuatmu terhina. Apa yang menjadi milikmu bakal tiba, dan apa yang menjadi milik orang lain tidak bakal anda raih. Karena itu sibukkan dirimu bersama Allah azza wa-Jalla. Jangan berambisi mencari apa yang menjadi milikmu dan yang bukan milikmu. Allah SWT telah berfirman, “Janganlah engkau pandangkan kedua matamu pada apa yang Kami hiaskan pada golongan golongan dari mereka sebagai bunga-bunga kehidupan duniawi , di dalamnya sebagai cobaan dari kami untuk mereka….” (Thaaha: 131)


Syeikh Abdul Qadir Al-Jilany (Hari Ahad Pagi tanggal 20 Sya’ban tahun 545 H, di Pesantrennya) – Majalah Cahaya Sufi

Adv 1
Share this article :

+ comments + 1 comments

26 Desember 2020 pukul 11.27

permainan poker dengan pelayanan CS yang ramah dan terbaik hanya di IONQQ :D
WA: +855 1537 3217

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger