Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Rahasiakan Kondisi Ruhani mu (1)

Rahasiakan Kondisi Ruhani mu (1)

Nabi SAW, bersabda: “Ilmu itu membisik, jika disertai amal, ilmu akan meresponnya, tetapi jika tidak ia akan meninggalkannya.”

Dalam hadits ini menunjukkan bahwa barokah ilmu bisa sirna, tinggal argumen-argumennya belaka, sehingga anda menjadi ilmuwan, Ulama dan cendekiawan yang yang terfitnah oleh ilmu anda sendiri, yang tersisa hanya pohon pengetahuan, sedangkan buahnya sirna dari anda.

Mohonlah kepada Allah Azza wa-Jalla agar Dia memberikan rizeki kondisi ruhani dan maqom di hadapanNya. Bila Allah azza wa-Jalla memberikan rizeki maqom dan haal padamu, mohonlah agar Allah SWT merahasiakan semua itu, dan hendaknya anda tidak suka bila rahasia itu ditampakkan. Bila anda suka ditampakkan kondisi ruhani anda yang ada di hadapanNya, itulah yang menyebabkan kehancuran.

Hati-hati dan waspada terhadap rasa kagum pada prestasi ruhani dan amal baik ada. Karena orang yang kagum pada amal dan ruhaninya, ia telah terpedaya, terkena amarah dari Allah Azza wa-Jalla.

Hati-hati, anda jangan banyak bicara dengan sesama, dan merasa senang ketika ucapan anda diterima. Itu justru membuat diri anda terkena bahaya dan tidak ada gunanya. Janganlah anda bicara dengan suatu kalimat sampai kalimat itu benar-benar mendapatkan restu dari Allah azza wa-Jalla.

Bagaimana anda mengundang banyak orang ke rumah anda, sedangkan anda tidak menyiapkan hidangan bagi mereka? Persoalan ini butuh pondasi, kemudian bangunan. Cangkuli hatimu hingga tumbuh subur air hikmah lalu bangunlah dengan ikhlas, mujahadat, dan amal sholeh hingga istanamu menjulang. Baru anda ajak orang lain.

Ya Allah, hidupkan jasad amal kami dengan roh keikhlasan dariMu.

Namun bagaimana bersembunyi dari makhluk bisa memberi manfaat padamu, sedangkan makhluk terus menerus ada di hatimu? Sungguh tak ada kehormatan dan tak ada artinya  khalwatmu. Bila anda khalwat sedangkan makhluk bercokol di hatimu, sesungguhnya anda dalam kesendirian tanpa hadir di hadapan Allah Azza wa-Jalla.

Bahagia mesra itu bersama Allah azza wa-Jalla, namun nafsu, syetan dan hawa kesenangan terus menyertaimu. Bila hatimu merasa senang bahagia bersama Allah Azza wa-Jalla, pasti anda sepi dari makhluk, walaupun anda bersama anak isteri dan keluarga.

Bila kebahagiaan indah benar-benar teguh mandiri di hatimu bersama Allah Azza wa-Jalla maka dinding wujudmu pun roboh, mata-hatimu akan melihat, lalu yang anda lihat adalah anugerah dan tindakanNya. Lalu anda hanya ridho kepadaNya, bukan ridho pada lainNya. Maka disitulah syarat Ridho, berselaras dan ubudiyah benar-benar didapatkan.

Anda jangan dusta. Anda mengaku ridho. Tapi hati anda bisa dirubah oleh sayuran, oleh suapan makananan, kata, dan gengsi. Anda jangan dusta, betapa nyaringnya dustamu, sedangkan amal dan kejujuranmu sirna, bahkan tak seorang pun makhluk yang membenarkan anda. Allah SWT, mewahyukan kepada hati mereka dengan Kalimat-kalimat yang istemewa, dimana mereka mengenal kebajikan dan mereka berserasi dengan Kalimat itu. Mereka yang hatinya tercerahkan senantiasa mengikuti jejak Rasul dalam ucapan dan tindakannya. Bila Rasul SAW, mendapatkan wahyu secara dzohir, namun mereka mendapatkannya melalui hati mereka (Ilham) karena mereka adalah para pewaris Nabi, pengikut-pengikutnya dalam seluruh apa yang diperintahkan Allah SWT pada mereka.



Syeikh Abdul Qadir Al-Jilany (Hari Ahad Pagi tanggal 20 Sya’ban tahun 545 H, di Pesantrennya) – Majalah Cahaya Sufi

Adv 1
Share this article :

+ comments + 1 comments

26 Desember 2020 pukul 11.27

berbagai bonus besar menanti di IONQQ
ayo di tunggu apa lagi, segera bergabung bersama kami di IONQQ
WA: +855 1537 3217

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger