Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Az Zahir Dijadwalkan Hadiri Bae Bersholawat Bulan Juni 2023 Saat Apitan

Az Zahir Dijadwalkan Hadiri Bae Bersholawat Bulan Juni 2023 Saat Apitan


Pemerintah Desa Bae Kembali akan menggelar Bae Bersholawat dan akan menghadirkan Az Zahir dari Pekalongan pada bulan Juni 2023 tepatnya 17 Juni 2023. Gelaran Bae Bersholawat Bersama Az Zahir sendiri merupakan gelaran ke dua yang diadakan oleh Pemdes Bae. Sebelumnya, Bae Bersholawat Bersama Az Zahir pernah digelar pada tahun 2019 silam dan setelahnya acara Bae Bersholawat vakum selama tiga tahun karena pandemi Covid 19.

Melihat antusias warga yang begitu besar dan pandemi Covid 19 yang mulai menurun drastis, Pemdes Bae Kembali mengadakan acara Bae Bersholawat dengan mengundang Grup Rebana Az Zahir sebagai pengisi acara, persis sama seperti pada tahun 2019 yang lalu. Sedianya, gelaran Bae Bersholawat akan digelar untuk mengisi Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus 2023 mendatang, tetapi menurut salah satu panitia, M. Chudlori, untuk Bulan Agustus 2023 Az Zahir sudah penuh dengan jadwal acara, sehingga acara pun dipindah ke Bulan Juni 2023.

Menurutnya pemindahan ke Bulan Juli 2023 tidak ada masalah, malahan bertepatan dengan tradisi Apitan atau Sedekah Bumi warga Desa Bae. “Mau Agustus atau Juni tidak masalah, Malahan di Bulan Juni ini sekalian bisa menjadi salah satu acara tradisi Apitan di Desa Bae”, ungkap Chudlori yang juga anggota Ansor dan Banser Ranting Bae.

Apitan sendiri yang dalam masyarakat Kudus dan Jawa pada umumnya diartikan sebagai tradisi dalam Bulan Apit (Dzulqaidah), yaitu bulan yang di apit dua hari raya setelah Bulan Gede (Syawal/ Idul Fitri) dan sebelum Bulan Besar (Dzulhijjah/ Idul Adha). Apitan sendiri sering dikaitkan dengan sedekah bumi yaitu istilah yang dibuat masyarakat jawa untuk selamatan dan mensyukuri nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Apitan dalam tradisi masyarakat jawa islam diisi dengan doa dan berbagai acara penyerta untuk membahagiakan warga sekitar.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger