Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Masjid At Taqwa Bae krajan Kurban Empat Kerbau dan Delapan Kambing

Masjid At Taqwa Bae krajan Kurban Empat Kerbau dan Delapan Kambing


Penyembelihan Hewan Qurban di Masjid At Taqwa Bae Krajan dilaksanakan pada hari Kamis 29 Juni 2023 yang dimulai setelah pelaksanaan sholat Idul Adha. Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilakukan di halaman Masjid dan halaman MI NU Khoiriyah yang terletak satu komplek dengan masjid.

Sebelumnya, panitia memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin berqurban dalam bentuk syirkah/ patungan seekor kerbau untuk tujuh orang maupun kurban pribadi dengan seekor kambing dan penyembelihan kambing akikah. Panitia sengaja hanya menyediakan kerbau untuk menghormati kearifan lokal yang telah diwejangkan oleh Sunan Kudus.

Untuk syirkah/ patungan seekor kerbau, panitia yang bertanggungjawab mencarikan kerbau yang akan diqurbankan apabila telah terbentuk 1 kelompok (tujuh orang), sedangkan untuk kurban dan akikah kambing, para mudhokhi (pengurban) diharuskan mencari kambing kurban sendiri. Kambing kurban/ akikah tersebut harus diserahkan kepada panitia maksimal pada malam takbiran. Panita Qurban melibatkan masyarakat dalam pelaksanaan penyembelihan hewan qurban yang terdiri dari empat ekor kerbau, tujuh ekor kambing, dan seekor kambing aqiqah. Terlihat antusias warga dalam membantu terlaksananya penyembelihan itu.

Pada tahun ini, panitia qurban Masjid At Taqwa membagikan daging kurban dengan mendata calon penerima terlebih dahulu melalui para ketua RT se Dukuh Krajan. Dari daftar tersebut, panitia kemudian melakukan pengantaran daging kurban ke masing-masing rumah yang dituju.

Salah satu panitia qurban Masjid At Taqwa Bae Krajan tahun ini, H. Edi Harsono, menyatakan daging qurban telah dibagi sedemikian rupa sehingga bisa dipastikan satu bungkusan daging kurban yang dibagikan terdapat daging murni, sehingga tidak mungkin dalam satu bungkusan hanya berisi jeroan atau yang yang bukan daging murni.

Pada proses pengumpulan daging sembelihan, panitia mengumpulkan terlebih dahulu bagian daging murni untuk kemudian diratakan pembagiannya. Pembagian tersebut diharapkan dapat memuaskan warga penerima daging hewan kurban disamping mempermudah panitia untuk membagi daging per bungkusnya.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger