Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Rangkaian Acara Buka Luwur Kyai Telingsing 1445 H

Rangkaian Acara Buka Luwur Kyai Telingsing 1445 H


Setiap 15 Muharram, daerah Sunggingan Kudus menyelenggarakan Buka Luwur Makam Kanjeng Kyai Telingsing yang merupakan penyebar agama islam di daerah Kudus dari Tong Hoa. Dikenal di dunia internasional dengan sebutan The Ling Sing, Beliau tiba pada sekitar awal abad ke-15. Konon, beliau datang ke Pulau Jawa bersama Laksamana Jenderal Cheng Hoo. Sebagaimana disebutkan dalam sejarah, Jenderal Cheng Hoo yang beragama Islam itu datang ke Pulau Jawa untuk mengadakan tali persahabatan dan menyebarkan agama Islam melalui perdagangan.

Dalam setiap acara Buka Luwur Kanjeng Kyai Telingsing, terdapat acara-acara penyerta yang menjadi bagian tak terpisahkan setipa tahunnya. Rangkaian acara dimulai dengan Burdahan pada Ahad malam Senin 30 Juli 2023 (13 Muharram 1445 H) muali ba’da isya di Maqbarah Kanjeng Kyai Telingsing, Sunggingan.

Selanjutnya akan diadakan acara khotmil qur’an dan Pasihan pada senin malam selasa ba’da isya 31 Juli 2023 (14 Muharram 1445 H) di tempat yang sama. Keesokan harinya, ba’da subuh dilakukan khatmil qur’an bil Ghaib dan santunan anak yatim di Masjid Kyai Telingsing Sunggingan.

Acara Puncak pada 15 Muharram 1445 H diawali dengan diadakannya Pengajian Umum pada malam 15 Muharram (1 Agustus 2023) di lokasi Maqbarah Kanjeng Kyai Telingsing mulai ba’da isya. Hadir dalam acara tersebut dan memberikan mauidhohhasanah yaitu Gus Ahmad Nadhif. Keesokan harinya (2 Agustus 2023), mulai ba’da subuh bertepatan dengan Rabu Kliwon dilangsungkan tahlil umum di Maqbarah kanjeng Kyai Telingsing.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger