Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Perdana, Kirab Buka Luwur Mbah Wijoyo Kusumo Karangbener Dibanjiri Pengunjung

Perdana, Kirab Buka Luwur Mbah Wijoyo Kusumo Karangbener Dibanjiri Pengunjung


Untuk pertama kalinya, Buka Luwur Mbah Buyut Singo Wijaya Kusumo yang merupakan cikal bakal desa Karang Bener yang berada di perbatasan Kecamatan Bae dengan Dawe dan Jekulo digelar secara besar-besaran. Acara tersebut akan melibatkan seluruh dukuh yang berada di desa Karang Bener. Lima dukuh yang terdiri dari delapan Rukun Warga pun akan bahu membahu memeriahkan gelaran tahunan yang selama ini seperti tersembunyi dari pantauan warga maupun media.

Berkat Kerjasama dan sinergi yang apik antara Pemerintah Desa Karangbener, Pimpinan Ranting NU Desa Karangbener beserta badan-badan otonom di bawahnya, serta partisipasi masyarakat, terwujudlah gelaran acara Buka Luwur Mbah Buyut Singo Wijaya Kusumo untuk pertama kalinya digelar secara besar-besaran.

Menurut Indra, salah satu pemuda desa yang terlibat, dengan digelarnya Buka Luwur Mbah Buyut Wijaya Kusumo secara besar-besaran seperti ini akan akan dengan sangat mudah menarik partisipasi generasi millennial dan generasi Z untuk mengenal leluhur desanya. Indra yang merupakan seniman dari desa Karangbener juga berpartisipasi dengan membuat karya seni termasuk mempromosikan agenda yang akan digelar setiap tahunnya di desanya ini.

Acara Buka Luwur diawali dengan Kirab Buka Luwur pada Ahad 30 Juli 2023 yang untuk pertama kalinya diadakan. Kirab Buka Luwur bertema Kirab Seribu Ingkung dan Hasil Bumi Tanah Karangbener tersebut langsung dibanjiri oleh para pengunjung baik warga Karangbener maupun luar Karangbener. Kirab tersebut membawa berbagai hasil bumi dan makanan serta memperlihatkan kesenian masyarakat desa sebagai perwujudan hidupnya desa yang dicikal bakali oleh Mbah Wijoyo Kusumo.

Diikuti oleh perwakilan dari 5 dusun di Karangbener, peserta Kirab mulai berkumpul di Lapangan Desa Karang Bener pada ba’da dhuhur. Kirab berlangsung mengelilingi desa dan berakhir di maqbarah Mbah Singo Wijaya Kusumo yang berada di Jl Wijoyo Kusumo Karangbener untuk memanjatkan doa Bersama dan menikmati hasil bumi tanah karangbener Bersama-sama. Besarnya antusias masyarakat membuat komplek Makam Mbah Wijoyo Kusuma dibanjiri pengunjung.

Buka Luwur Mbah Buyut Singo Wijaya Kusumo sendiri akan berlangsung pada Jumat 4 Agustus 2023 yaitu 17 Muharram 1445 H atau dua hari setelah Buka Luwur Kanjeng Sunan Muria.


Foto: Ariq
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger