Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Rangkaian Acara Buka Luwur Sayyid Raden Umar Said Kanjeng Sunan Muria 1445 H

Rangkaian Acara Buka Luwur Sayyid Raden Umar Said Kanjeng Sunan Muria 1445 H


Bulan Muharram sudah datang dan kita memasuki tahun baru yaitu 1445 H. Seperti biasanya, Kudus akan disibukkan dengan peringatan haul atau Buka luwur Dua Walisongo yang menyebarkan ajaran Islam di Kota Jenang yaitu Kanjeng Sunan Kudus dan Kanjeng Sunan Muria.

Peringatan Haul atau Buka Luwur Kanjeng Sunan Muria sendiri dilakukan setelah pelaksanaan Buka Luwur Kanjeng Sunan Kudus, yaitu tepatnya pada setiap tanggal 15 Muharram. Untuk tahun 1445 H, berikut rangkaian acara Buka Luwur Sayyid Raden Umar Said Kanjeng Sunan Muria 1445 H di Komplek Makam Sunan Muria.

Diawali dengan acara bertajug Mapag Tanggal yaitu pada malam 1 Muharram 1445 H (18 Juli 2023) dengan doa akhir dan awal tahun, pembacaan manaqib, serta Doa Rasul. Dilanjutkan dengan Dondom Luwur Pasarean pada tanggal 4 Muharram 1445 H yang akan dimulai sejak pagi hari hingga selesai.

Acara berlanjut ke malam 10 Muharram (27 Juli 2023) dengan Istighosah Syuro dan santunan yatim piatu dan pagi harinya berlanjut dengan acara Khotmil Qur’an Bil Ghoib untuk kalangan jamaah putri (di Ponpes Yanbu'ul Qur'an Putri). Untuk jamaah putra sendiri, khataman akan dilakukan pada Senin Pon, 13 Muharram 1445 H.

Acara puncak dimulai pada malam 1 Muharram 1445 H dengan gelaran pengajian umum yang berlangsung di Masjid Sunan Muria. Pengajian umum akan menghadirkan Maulana Habb Luthfi Bin Yahya (Pekalongan), Habib Umar Muthohar (Semarang), dan Habib Muhammad Bin Husain Bin Anis Al Habsy (Solo).

Tepat pada tanggal 15 Muharram 1445, mulai ba’da subuh akan dilangsungkan rangkaian acara inti yaitu Upacara Salin Luwur Makam sekaligus Haul Kanjeng Sunan Muria dan setelahnya acara dilanjutkan dnegan berziarah ke Makam Pangeran Pandak dan Pangeran Cendono.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger