Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Seputar Musholla RAPI

Seputar Musholla RAPI


Musholla RAPI terletak di Gg. Merah Putih,Jl. Raya Colo Muria Km. 5, Bae Krajan RT. 4/I, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Kudus telah dikenal di Indonesia bahkan di dunia karena di kota inilah diutus dua orang Waliyullah dari Wali Songo yaitu Sunan Kudus dan Sunan Muria untuk berdakwah menyebarkan agama Islam yang masih dapat kita rasakan hingga sekarang ini.

Sejarah Berdiri

Mungkin nama RAPI agak terdengar aneh untuk nama sebuah musholla. Sebenarnya, RAPI adalah kependekan dari Rukun Amal Pemuda Islam, yang dirintis oleh KH. Suratmin (Modin) dan KH. Syukri sejak tahun 1970an sebagai wadah kegiatan ummat Islam di Bae Krajan, Kabupaten Kudus.

Atas wakaf tanah dari seorang sesepuh di Bae Krajan (Mbah Windi dan Mbah Jatmi), maka didirikanlah Musholla RAPI pada tahun 1980an. Letaknya yang strategis, berdekatan dengan Sungai Gelis (sumber air untuk wudhu) membuat masyarakat antusias untuk beribadah di Musholla ini, karena pada waktu itu belum ada jetpam seperti sekarang ini.

Musholla RAPI mengalami beberapa renovasi dan perbaikan yang kebanyakan diprakarsai oleh Bp. H. Asyhadi. Renovasi yang terakhir pada tahun 2010 diprakarsai oleh Pengurus dan Remaja Musholla RAPI atas bantuan dana dari masyarakat sekitar dan donatur.

Kegitan Rutin Musholla

Sebagai wadah silaturrahmi dan kegiatan ummat, Musholla RAPI memiliki beberapa kegiatan rutin yaitu:

1. Tadarus Qur'an

Dilaksanakan hari ahad ba'da Subuh. Merupakan kegiatan rutin ba'da subuh untuk ibadah membaca Alqur'an.

2. Majlis Sholawat dan Maulid Al Barjanjiy (khusus Ikhwan)

Dilaksanakan setiap Ahad malam Senin ba'da Isya sebagai pembelajaran mengenal dan meneladani manusia paling mulia, Rasulullah Muhammad SAW kepada peserta maupun penduduk sekitar yang mendengarkan pembacaan kitab maulid dari rumah masing-masing.

3. Kajian Rutin Mingguan

Dilaksanakan setiap Sabtu malam Ahad ba'da Maghrib. Kegiatan ini diisi oleh Imam Musholla RAPI dengan mengkaji kitab-kitab klasik islami karangan para ulama salafusshalih termasyhur yang membahas tentang fiqih, tafsir, hadis, aqidah ahlussunnah wal ajama’ah, adab, ahlaq, dan masalah-masalah terkini.

4. Pengajian Lapanan Majlis Ta'lim Syamsid Dhuha (Bapak-bapak dan Remaja Putra)

Dilaksanakan setiap Kamis malam Jum'at Wage ba'da Isya. Ajang silaturrahim sesama warga, dengan acara pembacaan kitab alqur’an, QS Yasiin, Tahlil, sholawat, dan kajian islami. Majlis Ta’lim Syamsid Dhuha merupakan majlis gabungan penduduk dukuh Krajan. Tempat acara sewaktu-waktu bisa berubah sesuai permintaan warga yang ingin mengadakan hajat.

5. Pengajian Lapanan Majlis Ta'lim Muslimat (Ibu-ibu dan Remaja Putri)

Dilaksanakan setiap Jum'at Pahing ba'da sholat jum'at. Ajang silaturrahim sesama warga, dengan acara pembacaan kitab alqur’an, QS Yasiin, Tahlil, sholawat, dan kajian islami. Majlis Ta’lim Muslimat merupakan majlis gabungan penduduk dukuh Krajan. Tempat acara sewaktu-waktu bisa berubah sesuai permintaan warga yang ingin mengadakan hajat.

6. Rebana dan Hadrah Remaja Putra (Qasidah Sholawat)

Dilaksanakan rutin Sabtu malam Ahad ba'da Isya. Menyalurkan bakat anak-anakdan remaja putra dalam bidang yang positif yaitu sholawat rebana, sekaligus memperlancar bacaan huruf arab mereka untuk menunjang bacaan qur’annya. Merupakan wadah antisipasi dari kegiatan-kegiatan yang kurang positif yang kemungkinan bisa dilakukan anak-anak terutama di malam minggu. pelatihan semacam ini juga sering diadakan ketika musim libur sekolah. Kegiatan ini diprakarsai oleh Remaja Musholla RAPI sebagai alumni dari kegiatan yang sama.

7. Manaqib dan Kajian Bulanan Remaja (Khusus Ikhwan)

Dilaksanakan setiap Senin Malam Selasa ba'da Isya' Minggu pertama dengan acara lantunan shalawat Nabi dan manaqib Syech Abd. Qadir Al Jilaniy serta pengajian rutin khas remaja. Acara ini dilaksanakan secara bergiliran dari rumah ke rumah.

8. Kegiatan Rutin Posyandu dan Pengobatan Gratis (Kerjasama Jamaah Ibu-ibu dengan Dinas Kesehatan Kecamatan Bae)

Dilaksanakan setiap Jum'at Pahing mulai pukul 08.00 untuk kalangan umum. Merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh jamaah ibu-ibu kader Posyandu yang bertempat di halaman Musholla RAPI.

9. Kintun Doa dan Tahlil 

Dilaksanakan Setiap Malam Jumat ba'da Maghrib dan Hari Jumat Ba'da Subuh dipimpin oleh Imam Sholat Maghrib dan Sholat Subuh. Merupakan sarana mendoakan para orang tua dan leluhur yang telah wafat mendahuli kita.

10. Kelas Balita

Dilaksanakan setiap Jumat Pagi hingga jelang Juma'atan.  Kegiatan yang bertempat di serambi serbaguna Musholla RAPI ini dikhususkan untuk ibu-ibu yang memiliki balita. Berkumpul, bermain bersama, dan menjadi ajang curhat serta berbagi pengalaman bagi ibu-ibu untuk menunjang masa pertumbuhan buah hatinya.

11. Rebana dan Hadrah Remaja Putri (Qasidah Sholawat)


Dilaksanakan Ahad ba'da Ashar. Menyalurkan bakat anak-anak dan remaja putri dalam bidang yang positif yaitu sholawat rebana, sekaligus memperlancar bacaan huruf arab mereka untuk menunjang bacaan qur’annya. Pelatihan semacam ini juga sering diadakan ketika musim libur sekolah. Kegiatan ini diprakarsai oleh IPPNU Ranting Bae dan Remaja Putri Musholla RAPI.


Kegiatan-kegiatan di atas bisa ditiadakan apabila pengasuh berhalangan hadir atau bertepatan dengan kegiatan-kegiatan yang lain.
Share this article :

Komentar baru tidak diizinkan.
 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger