Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Tanya Jawab Bab Kewanitaan

Tanya Jawab Bab Kewanitaan


5. Bab Ke-wanita-an (Fiqih Nisa)
    Kumpulan tanya jawab tentang ke-wanita-an (Facebook ISS-KTB, dan lain-lain)
Tanya: Bagaimana hukum mencegah kehamilan dengan ber KB?
Jawab: Klik tautan berikut ini "Mencegah Kehamilan dengan ber KB"

Tanya: Apabila ada seorang perempuan yang sedang hamil 4 bulan terus kandungan itu mengalami keguguran tapi belum berupa apapun hanya berbentuk gumpalan, belum sampai jadi bayi apakah darah yang keluar bersamaan gumpalan tadi dinamakan darah nifas juga? 
Jawab: darah yg keluar setelah keguguran tetap dihukumi Nifas. Meski masih berupa Gumpalan darah yang dilahirkan tetap dihukumi Nifas.
 قول الشارح : ( أي الدم الذي أوله يعقب الولادة ) مثله لو ولدت ولدا جافا ثم رأت الدم قبل خمسة عشر فإنها نفساء من حين الولادة على الأصح ، وقوله : الولادة ، أي ولو علقة أو مضغة ،

Tanya: Apa maksudnya "Jilbab Punuk Unta (Jilbab Ekor Sapi/ cambuk)" dan "Berpakaian Tapi Telanjang"? 
Jawab: 1). Yang dimaksud dengan "kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi yang dipakai untuk menyambuk manusia adalah Mereka adalah para penguasa yang menghukum rakyatnya yang tidak bersalah, atau menghukum tanpa alasan (bi ghoiril haq). Dikatakan seperti ekor sapi, ibarat dari para penguasa yang mempunyai kekuasaan, sebab cambuk seperti ekor sapi itu sangat besar dan ditafsirkan sebagai kekuasaan. 
2). "Berpakaian tapi telanjang" terdapat dua tafsir, pertama: perempuan itu berpakaian rapi, akan tetapi hatinya tidak ada iman dan tidak punya rasa malu. Kedua; Perempuan itu memakai memakai pakaian, namun terlalu ketat sehingga terlihat lekuk-lekuk tubuhnya atau pakaian tipis yang memperlihatkan warna kulitnya. "Berjalan berlenggak-lenggok" adalah para wanita yg memamerkan hiasannya dan auratnya, berhias serta berwangi-wangian, serta berjalan di depan orang lain (laki-laki) yang bukan mahrom. "Kepala mereka bagaikan punuk unta" adalah wanita yang membuat model rambutnya bergelung tinggi, sehingga dapat bergerak ke kanan dan ke kiri, atau wanita yg memakai sorban tinggi seperti laki-laki (Tafsir Ghorib ma fi ash-shahihain al-bukhari wa muslim).

Tanya: Bagaimanakah hukumnya operasi melahirkan (cesar), bukan dalam keadaan darurat? 
Jawab: Boleh ketika memenuhi ketentuan-ketentuan operasi yang diperbolehkan secara syariat, di antaranya : 
1. Resiko operasi harus lebih ringan dibandingkan resiko melahirkan dengan jalan normal. 
2. Dilakukan oleh dokter ahli 
3. Dilakukan oleh dokter sejenis (perempuan) dan lain-lain 
Referensi : 1. Ihya’ ulum al-Dien juz II hal. 53 
2. I’anah al-Tholibien juz IV hal. 175-178 
3. Mughni al-Muhtaj juz IV hal. 200 
4. Fath al-Mu’in juz III hlm. 209-210 
5. Al-’Aziz Syarh al-Wajiz juz VII hal. 482 
6. At-Ta’rifat hlm. 63 
7. Fath al-Bari juz X hlm. 377-378 
8. Taudhih al-Ahkam juz V hlm. 188-189

Tanya: Bagaimana hukumnya wanita yang rambutnya digundul? 
Jawab: Perempuan mencukur rambut kepalay sampai gundul dengan tanpa dhorurot dan adanya hajat, maka diantara ulama' terdapat khilaf 
1. Makruh menurut Hanafiyah,Syafi'iyah dan Hanabilah 
2. Harom menurut Malikiyah sebagian Syafi'iyah dan Hanabilah. 

Tanya: Bolehkah wanita haid membaca doa atau dzikir? 
Jawab: Ulama' sepakat atas diperbolehkannya dzikir lewat hati dan lisan bagi orang yang berhadas kecil, orang junub, haid dan nifas, dan hal itu pada tasbih, tahlil, tahmid, takbir dan sholawat pada Rosulallah SAW juga boleh berdoa dan lain-lain. (Al-adzkar hal. 10)

Tanya: Apa yang dimaksud basahannya Farji'(Ruthubatul Farji / Keputihan)? 
Jawab: keputihan (ruthubatul farji) adalah lendir normal pada tiap perumpuan dan dapat pula karena infeksi,maka bila normal di tafshil: 
 -lendir atau kelembaban yang keluar dari organ farji yang wajib di basuh ketika istinja'(organ farji yang tampak ketika wanita duduk) maka hukumnya suci. 
-bila keluar dari balik farji (organ farji yang tidak tersentuh dzakar mnjami') maka hukumnya najis karena tergolong keluar dari dalam (jauf). 
-bila keluar dari organ farji yang tidak wajib di basuh namun dapat terjangkau dzakar mujami' maka hukumnya suci menurut qoul ashoh.
(قوله رطوبة فرج)معطوف على بلغم.أي فهي طاهرة أيضا,سواء خرجت من آدمي أو من حيوان طاهر غيره.(قوله:على الأصح)مقابله أنها نجاسة.(قوله:وهي)أي رطوبة الفرج الطاهرة على الأصح.(قوله:متردد بين المذي ووالعرق)أي ليس مذيا محضا ولا عرقا كذالك.(قوله:الذي لايجب غسله)خالف فى ذالك الجمال الرملي,وقال:إنها إن خرجت من محل لايجب غسله فهي نجسة,لأنها حينئذ رطوبة جوفية.وحاصل ما ذكره الشارح فيها أنها ثلاثة أقسام:طاهرة قطعا,وهي ما تخرج مما يجب غسله فى الإستنجاء,وهو ما يظهر عند جلوسها.ونجسة قطعا,وهي ما تخرج من وراء باطن الفرج,وهو ما لايصله ذكر المجامع.وطاهرة على الأصح,وهي ما تخرج مما لايجب غسله ويصله ذكر المجامع.وهذا التفصيل هو ملخض ما فى التحفة.وقل العلامة الكردي :أطلق فى شرحي الإرشاد نجاسة ما تحقق خروجه من الباطن,وفى شرح العباب بعد كلام طويل.والحاصل أن الأوجه مادل عليه كلام المجموع.أنها متى خرجت مما لايجب غسله كانت نجسة.

Tanya: Ada ibu hamil 5 bulan meninggal. Apakah langsung dikubur atau bagaimana apabila bayinya masih hidup? 
Jawab: Dibolehkan untuk dilakukan operasi dengan membedah perut ibunya, agar bayi bisa dikeluarkan. Ini adalah pendapat Imam Abu Hanifah, Muhammad bin Hasan, Madzhab Syafi’iyah, dan Dhahiriyah, serta dipilih oleh beberapa ulama dari Malikiyah dan Hanabilah.
 أحكام الجراحة الطبية للشيخ محمد الشنقيطي، ص؛154- 158 المبحث الثالث في جراحة الولادة ؛ وهي الجراحة التي يقصدمنها إخراج الجنين من بطن أمه, سواء كان ذلك بعداكتمال خلقه أوقبله. ولاتخلو الحاجة الداعية إلى فعلها من حالتين : ألحالة الأولى أن تكون ضرورية, وهي الحالة التي يخشي فيها علي حياة الأم أو جنينها أو هما معا....إلى أن قال...ألحالة الثانية أن تكون حاجية، وهي الحالة التي يحتاجها الأطباء فيها إلى فعل الجراحة بسبب تعذر الولادة الطبيعية ...إلى أن قال ....والحكم بالحاجة في هذاالنوع من الجراحة راجع إلى تقدير الأطباء، فهم الذين يحكمون بوجودها.ولايعد طلب المرأة أو زوجها مبررا لفعل هذا النوع من الجراحة طلبا للتلخص من ألآم الولادة الطبيعية. بل ينبغي للطبيب أن يتقيد بشرط الحاجة وأن ينظر في حال المرأة وقدرتها على تحمل مشقة الولادة الطبيعية، وكذلك ينظر في الآثار المترتبة على ذلك.فإن اشتملت على إضرار زائد عن القدر المعتاد في النساء ووصل إلى مقام يوجب الحرج والمشقة على المرأة أو غلب على ظنه أنها تتسبب في حصول ضرر للجنين، فإنه حينئذ يجوز له العدول إلى الجراحة وفعلها بشرط أن لايوجد بديل يمكن بواسطته دفع ذلك الإضرار وإزالته.
    demikian

Adv 1
Share this article :

Komentar baru tidak diizinkan.
 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger