Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , » Istilah "Ngalap Berkah" di Makam Para Wali

Istilah "Ngalap Berkah" di Makam Para Wali

Barakah itu mutlak milik Allah Subhanahu wa Taala

Ngalap barakah kepada orang-orang yang dekat kepada Allah Swt, maksudnya ngalap barakah kepada orang yang telah mendapatkan barakah dari Allah, sehingga hidupnya barakah, banyak amalnya, bukan mendapatkan berkah dari orang-orang tersebut. 

Karena itulah selain hidupnya barakah, ilmu yang di ajarkan juga membawa barakah. Terbukti dengan banyaknya murid yang mengikuti jejaknya, dan murid itu  pun mengajarkan ilmunya kepada murid-muridnya, dan seterusnya.


Kalau berzarah kepada auliya’ para wali, jangan lupa, yang utama adalah belajar mengoreksi diri atau intropeksi.


Pertama, kita patut merenung tentang pemilik makam yang kita ziarahi. 

Meski sudah di kubur, beliau tetap mendapat kehormatan dari keluarga, para murid serta umat Islam, dikunjungi dan didoakan.


Kedua, kita harus ingat, ketika melihat makam tersebut, kita juga sadar bahwa kita juga nantinya akan menumui ajal, sebagaimana pemilik makam itu. 

Jadi, yang terpenting, apakah kita sudah menyiapkan bekal untuk menuju alam akhirat.


Ketiga, Ketika di makam itu bacalah Al Quran, dzikrullah, dan shalawat. 

Pahala-pahala bacaan itu semoga menjadi penyebab turunnya rahmat Allah SWT, karena amal yang baik dapat menjadi penyebab turunnya rahmat sebagaimana hadis tentang tiga orang yang terkurung di goa. Diharapkan, pahala bacaan itu akan menambah  pahala kepada orang yang diziarahi, dan nantinya juga akan mengalirkan pahala kepada yang menziarahinya.


Itulah antara lain hikmah yang dapat kita petik dari berziarah (yang diistilahkan “ngalap berkah”) di makam para wali.





Habib Luthfi Bin Yahya
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger