Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Keutamaan Membaca Surat Yaasiin

Keutamaan Membaca Surat Yaasiin

Diriwayatkan oleh Imam Addarimiy hadits dari Anas ra marfu : “Barangsiapa yang membaca surat Yaasiin maka pahalanya menyamai 10X khatam Alqur’an” (Mushonnif Abdurrazak). Dan diriwayatkan dari Ma'mar ra bahwa dalam segala sesuatu ada jiwanya, dan jiwa Alqur’an adalah surat Yaasiin (Mushonnif Abdurrazak Juz 3 hal 372).

Bacalah surat Yaasiin karena padanya terdapat 10 keberkahan, mereka yang membacanya dalam keadaan lapar makan akan diberi rizki hingga kenyang, mereka yang haus akan diberi minum hingga sirna hausnya, mereka yang tak punya baju akan diberikan baju, mereka yang belum menikah maka akan diberikan jodohnya, mereka yang ketakutan maka akan diamankan dari ketakutannya, mereka yang dipenjara kecuali akan dikeluarkan, mereka yang dalam perjalanan maka akan diberi bantuan dalam perjalananya, mereka yang kehilangan maka akan dikembalikan padanya, mereka yang sakit akan disembuhkan, jika dibacakan pada mayyit maka akan diringankan baginya” (Baghiyyatul Haarits juz 1 hal 52).
 
Dan siapa pula yang mengeluarkan larangan membaca Alqur’an di malam jumat?, boleh Yaasiin atau boleh apapun dari ayat Alqur’an.

Mereka mengatakan tak boleh ada dalil pengkhususan suatu ibadah disuatu hari atau waktu, darimana hukum ini muncul? 

Berikut riwayat shahih mengenai diperbolehkannya mengadakan suatu amal tanpa diperintah oleh Rasul SAW :

Diriwayatkan bahwa Imam Masjid Quba menambahi bacaan surat Al Ikhlas setelah fatihah, ia selalu selesai fatihah ia membaca surat Al Ikhlas dulu, baru surat lainnya, maka ia telah menyamakan fatihah dengan surat Al Ikhlas, ia membuat surat al ikhlas mesti ada pada setiap rakaatnya.

Bukankah hal ini tak pernah diajarkan oleh Rasul SAW?

Maka makmumnya protes, dan ia tetap bersikeras, maka ia dilaporkan pada Rasul SAW, maka Rasul SAW memanggilnya, dan menanyakan apa sebab perbuatannya itu?

Maka Imam Masjid Quba itu berkata : aku mencintai surat al ikhlas, maka aku tak mau melepasnya pada setiap rakaat.

Maka Rasul SAW menjawab : Cintamu pada surat al ikhlas akan membuatmu masuk sorga! (Shahih Bukhari Bab Adzan).

Berkata AlHafidh Al Imam Ibn Hajar Al Asqalaniy dalam kitabnya Fathul Baari Bisyarah shahih Bukhari mensyarahkan makna hadits ini beliau berkata : “pada riwayat ini menjadi dalil diperbolehkannya mengkhususkan sebagian surat Alqur’an dengan keinginan diri padanya, dan memperbanyaknya dengan kemauan sendiri, dan tidak bisa dikatakan bahwa perbuatan itu telah mengucilkan surat lainnya” (Fathul Baari Bisyarah Shahih Bukhari Juz 3 hal 150 Bab Adzan).

Jelaslah sudah bahwa Rasul SAW tak pernah melarang seseorang mengkhususkan Alqur’an atau lainnya dari beragam ibadah untuk dibaca di suatu waktu atau tempat, bahkan jika hal itu karena cintanya pada ibadah itu maka itu akan membuatnya masuk sorga, demikian kabar gembira dari Rasulullah SAW.

Sabda Rasulullah SAW : Sebesar-besar kejahatan muslimin pada muslimin lainnnya adalah yang bertanya tentang sesuatu yang tak diharamkan, menjadi diharamkan Karena sebab pertanyaannya” (Shahih Muslim).



Habib Munzir Al Musawwa
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger