Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Manfaat Memiliki Ahlaq Mulia

Manfaat Memiliki Ahlaq Mulia

Telah diriwayatkan dari nabi shollallohu alaihi wasallam sesungguhnya beliau bersabda, "sesungguhnya Allah ta'ala telah memilih islam sebagai agama kalian, oleh karena itu muliakanlah ia dengan akhlaq yang mulia dan kedermawanan sebab agama tidak akan sempurna kecuali dengan kedua hal tersebut."



 وَقَالَ الْأَحْنَفُ بْنُ قَيْسٍ: أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَدْوَأِ الدَّاءِ؟ قَالُوا بَلَى. قَالَ الْخُلُقُ الدَّنِيُّ وَاللِّسَانُ الْبَذِيُّ.

 وَقَالَ بَعْضُ الْحُكَمَاءِ: مَنْ سَاءَ خُلُقُهُ ضَاقَ رِزْقُهُ. وَعِلَّةُ هَذَا الْقَوْلِ ظَاهِرَةٌ



Ahnaf bin qais berkata: " maukah kalian ku beritahu tentang apa itu penyakit diatas penyakit ?"


Mereka menjawab : " iya, tentu."


Ahnaf berkata : " yaitu akhlaq yang tercela dan perkataan yang keji."


Sebagian orang bijak berkata : " orang yang buruk tingkah lakunya niscaya akan sempit rizkinya." Alasan dari ucapan ini sudah jelas sekali.



 وَقَالَ بَعْضُ الْبُلَغَاءِ: الْحَسَنُ الْخُلُقِ مَنْ نَفْسُهُ فِي رَاحَةٍ، وَالنَّاسُ مِنْهُ فِي سَلَامَةٍ.

 وَالسَّيِّئُ الْخُلُقِ النَّاسُ مِنْهُ فِي بَلَاءٍ، وَهُوَ مِنْ نَفْسِهِ فِي عَنَاءٍ،

 وَقَالَ بَعْضُ الْحُكَمَاءِ: عَاشِرْ أَهْلَك بِأَحْسَنِ أَخْلَاقِك فَإِنَّ الثَّوَاءَ فِيهِمْ قَلِيلٌ



Seorang ahli bahasa mengungkapkan, "akhlaq mulia yang timbul dalam diri seseorang akan menimbulkan ketenangan dalam hidupnya dan orang-orang disekitarnya akan selalu merasakan kedamaian, sedangkan akhlaq buruk akan membuat orang-orang disekitarnya selalu merasa dalam kekhawatiran dan dirinya selalu di hadapkan kepada kesulitan."


Sebagian orang bijak berkata, " pergaulilah keluarga dan kerabat kamu dengan akhlaq yang mulia sebab sangat sdikit orang yang bisa melakukannya."



 فَإِذَا حَسُنَتْ أَخْلَاقُ الْإِنْسَانِ كَثُرَ مُصَافُوهُ، وَقَلَّ مُعَادُوهُ، فَتَسَهَّلَتْ عَلَيْهِ الْأُمُورُ الصِّعَابُ، وَلَانَتْ لَهُ الْقُلُوبُ الْغِضَابُ



Jika akhlaq seseorang itu baik maka akan bertambah banyak sahabatnya dan sedikit musuhnya, dan karenanya dia akan mendapatkan kemudahan dalam segala urusannya yang sulit dan hati orang yang penuh amarahpun menjadi lunak terhadapnya.



 وَقَدْ رُوِيَ عَنْ النَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - أَنَّهُ قَالَ «حُسْنُ الْخُلُقِ وَحُسْنُ الْجُوَارِ يُعَمِّرَانِ الدِّيَارَ وَيَزِيدَانِ فِي الْأَعْمَارِ» . وَقَالَ بَعْضُ الْحُكَمَاءِ: مِنْ سَعَةِ الْأَخْلَاقِ كُنُوزُ الْأَرْزَاقِ

 وَسَبَبُ ذَلِكَ مَا ذَكَرْنَا مِنْ كَثْرَةِ الْأَصْفِيَاءِ الْمُسْعِدِينَ، وَقِلَّةِ الْأَعْدَاءِ الْمُجْحِفِينَ.



Telah diriwayatkan dari nabi shollallohu alaihi wasallam bahwa sesungguhnya beliau bersabda, "akhlaq yang mulai dan pergaulan yang baik akan memakmurkan negeri dan menambahkan dalam umur."


Sebagian orang bijak berkata, "akhlaq yang mulia merupakan gudang rizki. Sebabnya adalah sebagaimana yang telah kami sebutkan yaitu banyaknya teman yang menolong dan sedikitnya musuh yang membahayakn hidupnya.



 وَلِذَلِكَ قَالَ النَّبِيُّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: «أَحَبُّكُمْ إلَيَّ أَحْسَنكُمْ أَخْلَاقًا، الْمُوَطَّئُونَ أَكْنَافًا، الَّذِينَ يَأْلَفُونَ وَيُؤْلَفُونَ»



Oleh sebab itulah nabi shollalohu alaihi wasallam bersabda, "orang yang paling aku cintai diantara kalian adalah orang yang paling baik akhlaqnya, yang lembut perangainya, dan orang yang saling kasih mengasihi dan sayang menyayangi."



 وَحُسْنُ الْخَلْقِ أَنْ يَكُونَ سَهْلَ الْعَرِيكَةِ، لَيِّنَ الْجَانِبِ، طَلِيقَ الْوَجْهِ، قَلِيلَ النُّفُورِ، طَيِّبَ الْكَلِمَةِ.

 وَقَدْ بَيَّنَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - هَذِهِ الْأَوْصَافَ فَقَالَ: «أَهْلُ الْجَنَّةِ كُلُّ هَيِّنٍ لَيِّنٍ سَهْلٍ طَلْقٍ»



Dan diatara ciri akhlaq yang mulia adalah watak yang lembut, ramah tamah,wajah yang berseri seri, tidak tergesa gesa dan perkataanya indah. Rasul shollallohu alaihi wasallam telah menjelaskan sifat-sifat ini, beliau bersabda, "ahli syurga adalah setiap orang yang lemah lembut, ramah tamah, murah hati dan wajah yang berseri-seri."




Dinukil dari Kitab Adabuddunya Waddiin karya Imam Al Mawardi
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger