Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Berjabat Tangan Sebab Turunnya Rahmah dan Hilangnya Dendam

Berjabat Tangan Sebab Turunnya Rahmah dan Hilangnya Dendam


Kita baru saja berjabat tangan satu sama lain setelah sholat Subuh. Dengan demikian Anda dapat melihat diri Anda sebagai seorang individu berjabat tangan dengan individu lain, anggota dari umat Nabi (semoga Allah memberkatinya dan memberinya kedamaian). 

Dalam melakukan hal ini seratus bagian rahmat akan dibagi antara Anda dan orang yang anda jabati tangannya, dosa-dosamu akan diampuni sebelum Anda melepaskan tangan masing-masing bersama dengan manfaat lain. 

Namun, jika Anda menyadari dan memposisikan diri untuk menjadi wakil dari seluruh umat, jabat tangan ini akan memiliki efek pada seluruh umat. Umat sangat membutuhkan orang-orang yang meminta Allah untuk menunjukkan belas kasihan, jabat tangan ini akan menyebabkan rahmat turun dan menghapus dendam umat Islam yang ada dalam hati mereka satu sama lain. 

Ini akan menjadi seolah-olah dalam satu jabat tangan ini setiap anggota umat muslim telah menjabat tangan setiap muslim lainnya diseluruh dunia


ﺁﻟﻠّﻬُﻢَ ﺻَﻠّﯿﮱِ ﯛﺳَﻠّﻢْ ﻋَﻠﮱِ ﺳَﻴّﺪﻧَﺂ ﻣُﺤَﻤّﺪْ ﻭَ ﻋَﻠﮱِ ﺁﻝِ ﺳَﻴّﺪﻧَﺂ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ

ﻋَﻦِ ﺍْﻟﺒَﺮَّﺍﺀِ ﻋَﻦْ ﻋَﺎﺯِﺏٍ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻗَﺎﻝَ : ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ : ﻣَﺎ ﻣِﻦْ ﻣُﺴْﻠِﻢٍ ﻳَﻠْﺘَﻘِﻴَﺎﻥِ ﻓَﻴَﺘَﺼَﺎﻓَﺤَﺎﻥِ ﺇﻻَّ ﻏُﻔِﺮَ ﻟَﻬُﻤَﺎ ﻗَﺒْﻞَ ﺃﻥْ ﻳَﺘَﻔَﺮَّﻗَﺎ


Diriwayatkan dari al-Barra’ dari Azib r.a. Rasulallah SAW bersabda, “Tidaklah ada dua orang muslim yang saling bertemu kemudian saling bersalaman kecuali dosa-dosa keduanya diampuni oleh Allah sebelum berpisah.” (H.R. Abu Dawud)


ﻋَﻦْ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻳَﺰِﻳْﺪ ﺑِﻦْ ﺍَﺳْﻮَﺩْ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻪُ : ﺍَﻧَّﻪُ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢَ ﻣَﻊَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻠﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠّﻢْ . ﻭَﻗﺎﻝَ : ﺛُﻢَّ ﺛَﺎﺭَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ ﻳَﺄﺧُﺬﻭْﻥَ ﺑِﻴَﺪِﻩِ ﻳَﻤْﺴَﺤُﻮْﻥَ ﺑِﻬَﺎ ﻭُﺟُﻮْﻫَﻬُﻢْ , ﻓَﺄَﺧَﺬﺕُ ﺑِﻴَﺪِﻩِ ﻓَﻤَﺴَﺤْﺖُ ﺑِﻬَﺎ ﻭَﺟْﻬِﻲْ . ‏( ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻯ )


Diriwayatkan dari sahabat Yazid bin Aswad bahwa ia shalat subuh bersama Rasulullah, lalu setelah shalat para jamaah berebut untuk menyalami Nabi, lalu mereka mengusapkan ke wajahnya masing-masing, dan begitu juga saya menyalami tangan Nabi lalu saya usapkan ke wajah saya. (H.R. Bukhari, hadits ke 3360).



Habib Umar Bin Hafidz
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger