Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Meludah dan Menelan Ludah Serta Aurat Terbuka Dalam Sholat

Meludah dan Menelan Ludah Serta Aurat Terbuka Dalam Sholat

Hadits Bukhari 1137 menjelaskan:

ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺳُﻠَﻴْﻤَﺎﻥُ ﺑْﻦُ ﺣَﺮْﺏٍ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺣَﻤَّﺎﺩٌ ﻋَﻦْ
ﺃَﻳُّﻮﺏَ ﻋَﻦْ ﻧَﺎﻓِﻊٍ ﻋَﻦْ ﺍﺑْﻦِ ﻋُﻤَﺮَ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ
ﻋَﻨْﻬُﻤَﺎ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ
ﺭَﺃَﻯ ﻧُﺨَﺎﻣَﺔً ﻓِﻲ ﻗِﺒْﻠَﺔِ ﺍﻟْﻤَﺴْﺠِﺪِ ﻓَﺘَﻐَﻴَّﻆَ
ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟْﻤَﺴْﺠِﺪِ ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻗِﺒَﻞَ
ﺃَﺣَﺪِﻛُﻢْ ﻓَﺈِﺫَﺍ ﻛَﺎﻥَ ﻓِﻲ ﺻَﻠَﺎﺗِﻪِ ﻓَﻠَﺎ ﻳَﺒْﺰُﻗَﻦَّ ﺃَﻭْ
ﻗَﺎﻝَ ﻟَﺎ ﻳَﺘَﻨَﺨَّﻤَﻦَّ ﺛُﻢَّ ﻧَﺰَﻝَ ﻓَﺤَﺘَّﻬَﺎ ﺑِﻴَﺪِﻩِ ﻭَﻗَﺎﻝَ
ﺍﺑْﻦُ ﻋُﻤَﺮَ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻬُﻤَﺎ ﺇِﺫَﺍ ﺑَﺰَﻕَ
ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ ﻓَﻠْﻴَﺒْﺰُﻕْ ﻋَﻠَﻰ ﻳَﺴَﺎﺭِﻩِ
Sesungguhnya Allah berada dihadapan setiap orang dari kalian (saat shalat). Maka bila sedang shalat janganlah seseorang meludah atau sabdanya: janganlah dia membuang dahak. Kemudian Beliau turun lalu menggosok ludah tersebut dengan tangannya. Dan berkata, Ibnu'Umar radhiyallahu'anhuma: Jika seorang dari kalian meludah, maka meludahlah ke arah kirinya.

Dalam fiqih dijelaskan seperti berikut:

ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻮﻫﺎﺏ - ﺯﻛﺮﻳﺎ ﺍﻷﻧﺼﺎﺭﻱ - ﺝ - ١ ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ٩٤-٩٣
ﻭﺑﺼﻖ ﺃﻣﺎﻣﺎ ﻭﻳﻤﻴﻨﺎ ﻻ ﻳﺴﺎﺭﺍ ﻟﺨﺒﺮ ﺍﻟﺸﻴﺨﻴﻦ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻨﺎﺟﻲ ﺭﺑﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﻓﻼ ﻳﺒﺰﻕ ﺑﻴﻦ ﻳﺪﻳﻪ ﻭﻻ ﻋﻦ ﻳﻤﻴﻨﻪ. ﻭﻟﻜﻦ ﻋﻦ ﻳﺴﺎﺭﻩ ﺃﻱ ﻭﻟﻮ ﺗﺤﺖ ﻗﺪﻣﻴﻪ ﻭﻫﺬﺍ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﻓﻲ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﺃﻣﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﻓﻴﺤﺮﻡ ﻟﺨﺒﺮ ﺍﻟﺸﻴﺨﻴﻦ ﺍﻟﺒﺼﺎﻕ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﺧﻄﻴﺌﺔ ﻭﻛﻔﺎﺭﺗﻬﺎ ﺩﻓﻨﻬﺎ، ﺑﻞ ﻳﺒﺼﻖ ﻓﻲ ﻃﺮﻑ ﺛﻮﺑﻪ ﻣﻦ ﺟﺎﻧﺒﻪ ﺍﻷﻳﺴﺮ ﻭﻳﺤﻚ ﺑﻌﻀﻪ ﺑﺒﻌﺾ ﻭﻳﺒﺼﻖ ﺑﺎﻟﺼﺎﺩ ﻭﺍﻟﺰﺍﻱ ﻭﺍﻟﺴﻴﻦ.
Menelan ludah saat sholat tidak menjadikan sholatnya batal jika ludahnya tak tercampur barang lain. Namun, jika tercampur maka batal .

مغني المحتاج (1/ 200)( فلو كان بفمه سكرة )فذابت ( فبلع ) بكسر اللام وحكي فتحها ( ذوبها ) بمص ونحوه لا بمضغ ( بطلت ) صلاته ( في الأصح ) لمنافاته للصلاة كما مر والثاني :
لا تبطل لعدم المضغ
Umpama di mulut orang sholat ada manisan dan ditelan cairan manisan tersebut dengan sesapan tidak dengan mengunyah maka batal sholatnya menurut pendapat yang ashohdan pendapat yang ke-2 sholatnya tidak batal karena tidak adanya mengunyah.
الإقناع للشربيني (1/ 152)( و )التاسع ( الشرب ) وهو كالأكل فيما مر ومثل الشرب ابتلاع الريق المختلط بغيره إذ القاعدة أن كل ما أبطل الصوم أبطل الصلاة yang ke 9 dari perkara yang membatalkan sholat adalah minum dan minum hukumnya sama dengan makan sebagaimana keterangan yang telah lewat,disamakan minum adalah menelan ludah yang bercampur dengan sesuatu yang lain karena ada qoidah sesungguhnya setiap sesuatu yang membatalkan puasa itu juga membatalkan sholat
الإقناع للشربيني (1/ 237)ولا يضر وصول ريقه من معدنه جوفه أو وصول ذباب أو بعوض أو غبار طريق أو غربلة دقيق جوفه لعسر التحرز عنه  dan tidak masalah masuknya ludah kedalam perut atau kemasukan lalat atau nyamuk atau hamburan debu dijalan atau hamburan tepung yang sampai kedalam perut karena sulitnya untuk menjaga/menghindari hal tersebut . 

Apabila Dalam sholat terlihat auratnya, maka wajib mengulang sholat karena batal.

قوله ماسوى وجهها وكفيها اي حتى شعر رأسها_
فإن ظهر منه شيئ عند سجودها اوظهر عقبها عند ركوعها اوسجودها بطلت صلاتها
  الباجوري 1/140

  قوله ما لوتيقن ترك فرض ) سكت عما اذا تيقن ترك شرط لوضوح حكمه وهو انه يأتي به ويستأنف الصلاة لتبين عدم صحتها اعانة الطالبين 1/242

.صلى صلاة وأخل ببعض أركانها أو شروطها ثم علم الفساد لزمه قضاءها مطلقا إلا إن كان ما أخل به مما يعذر فيه الجاهل بجهله مما قرر في كتب الفقه.بغية المسترشدين ص : ٥١

Menurut Madzhab Syafi'iyah, tampaknya aurat sekalipun sedikit tetap wajib mengulang karena batal. Tapi kalau benar-benar tidak tahu dan bukan disengaja, maka tidak wajib mengulang sholat namun sunnah mengulang (Almajmu' Syarh Muhdzdzab)

  أما حكم المسألة فستر العورة شرط لصحة الصلاة فان انكشف شئ من عورة المصلي لم تصح صلاته سواء أكثر المنكشف أم قل وكان أدنى جزء وسواء في هذا الرجل والمرأة وسواء المصلي في حضرة الناس والمصلي في الخلوة وسواء صلاة النفل والفرض والجنازة والطواف وسجود التلاوة والشكر ولو صلى في سترة ثم بعد الفراغ علم أنه كان فيها خرق تبين منه العورة وجبت إعادة الصلاة على المذهب سواء كان علمه ثم نسيه أم لم يكن علمه وفيه الخلاف السابق فيمن صلى بنجاسة جهلها أو نسيها فإن احتمل حدوث الخرق بعد الفراغ من الصلاة فلا إعادة عليه بلا خلاف كما سبق في نظيره من النجاسة في آخر باب طهارة البدن

Wallaahu A'lam



http://www.facebook.com/groups/196355227053960?view=permalink&id=566309716725174&refid=7 oleh Ust. Ghufron, Ibnu Thoha, dkk dan http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/612366358786176/ oleh Ust. Sunde Pati
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger