Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Makmum Tertinggal Bacaan Fatihah Imam dan Masalah Qunut

Makmum Tertinggal Bacaan Fatihah Imam dan Masalah Qunut

Menurut sebagian pendapat ulama, makmum tinggal mengikuti imam ruku’ dan gugurlah sisa dari bacaan fatihahnya, sedang menurut pendapat yang shahih makmum harus menyempurnakan fatihahnya.

وَإِنْ كَانَ بِأَنْ أَسْرَعَ قِرَاءَتَهُ وَرَكَعَ قَبْلَ إتْمَامِ الْمَأْمُومِ الْفَاتِحَةَ فَقِيلَ يَتْبَعُهُ وَتَسْقُطُ الْبَقِيَّةُ، وَالصَّحِيحُ يُتِمُّهَا وَيَسْعَى خَلْفَهُ مَا لَمْ يُسْبَقْ بِأَكْثَرَ مِنْ ثَلَاثَةِ أَرْكَانٍ مَقْصُودَةٍ، وَهِيَ الطَّوِيلَةُ. فَإِنْ سُبِقَ بِأَكْثَرَ. فَقِيلَ يُفَارِقُهُ، وَالْأَصَحُّ يَتْبَعُهُ فِيمَا هُوَ فِيهِ ثُمَّ يَتَدَارَكُ، بَعْدَ سَلَامِ الْإِمَامِ، وَلَوْ لَمْ يُتِمَّ الْفَاتِحَةَ لِشُغْلِهِ بِدُعَاءِ الِافْتِتَاحِ فَمَعْذُورٌ، هَذَا كُلُّهُ فِي الْمُوَافِقِ.
Bila imam shalat cepat bacaannya dan ia ruku’ sebelum makmum merampungkan bacaan fatihahnya menurut sebagian pendapat ulama makmum tinggal mengikuti imam ruku’ dan gugurlah sisa dari bacaan fatihahnya sedang menurut pendapat yang shahih makmum harus menyempurnakan fatihahnya dan mengikuti dibelakang imam selagi ia tidak tertinggal tiga rukun shalat yang menjadi tujuan yaitu rukun-rukun shalat yang panjang (i’tidal dan duduk diantara dua sujud tidak termasuk rukun panjang, pent).

Bila ia tertinggal hingga tiga rukun menurut sebagian pendapat hendaknya ia mufaraqah (memisahkan diri dari imam) sedang menurut pendapat paling shahih ia harus mengikuti imam dalam posisinya dan kemudian ia harus menambalnya setelah salamnya imam. [ A-Manhaj Li an-Nawaawy I/53].  

Dalam berdo'a qunut di sunatkan bagi Imam dengan suara keras baik pada sholat jahriyyah maupun sirriyyah akan tetapi kerasnya kurang dari kerasnya bacaan fatihah dan surat pada sholat jahriyyah.

Bagi orang yang sholat sendirian berdo'a qunut dengan sirri (tidak keras) secara muthlak
.

Bagi makmum yang mendengar qunutnya imam cukup dengan meng-amin-i do'a qunutnya imam (meng-amin-inya dengan suara keras) , adapun pada tsana' (yaitu lafadz fa innaka taqdli walaa yuqdlo 'alaik dan seterusnya) makmum tidak mengamini tsana'nya imam tetapi ikut membacanya dengan suara lirih (tidak keras) atau membenarkannya dengan membaca Asyhadu atau Balaa wa ana 'alaa dzaalka minasy-syahidin atau dengan mendengarkannya saja (namun ikut membacanya lebih utama) kemudian setelah sampai pada bacaan sholawat makmum mengamini sholawatnya imam.

Bagi makmum yang tidak mendengar do'a qunutnya imam maka membaca do'a qunut sendiri dengan suara lirih (tidak keras)
.

Baca Minhaj al-qowim ibnu hajar a-Haitami (faslun fii sunan al-i'tidal) .

"والجهر به للإمام" في الجهرية والسرية للاتباع ولكن الجهر به دون الجهر بالقراءة، وأما المنفرد فيسر به مطلقًا. "وتأمين المأموم" جهرًا إذا سمع قنوت إمامه "للدعاء" منه ومن الدعاء الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم فيؤمن لها. "ويشاركه في الثناء" سرًا وهو: فإنك تقضي ولا يقضى عليك ... إلخ, فيقوله سرًا أو يقول: أشهد أو بلى وأنا على ذلك من الشاهدين أو نحو ذلك أو يستمع والأول أولى. "و" يسن "قنوته" سرًا "إن لم يسمع قنوت إمامه" كبقية الأذكار والدعوات التي لا يسمعها "ويقنت" ندبًا "في" اعتدال الركعة الأخيرة من "سائر" أي باقي "المكتوبات للنازلة" إذا نزلت بالمسلمين أو بعضهم إن عاد نفعه عليهم كالعالم والشجاع1 والخوف من نحو عدو ولو من المسلمين والقحط والجراد والوباء والطاعون ونحوها لما صح أنه صلى الله عليه وسلم فعل ذلك 
 شهرًا2 لدفع ضرر عدوه عن المسلمين، وخرج بالمكتوبة النفل والمنذورة وصلاة الجنازة فلا يسن فيها

Dan mengusap wajah setelah qunut tidak disunahkan, sedangkan menurut Imam Ahmad hukumnya sunah. :

.لا يسن مسح الوجه في أدعية الصلاة أصلا عندنا ولا رفع اليدين إلا في القنوت للإتباع وزاد أحمد مسح الوجه فيه أيضا. بغية المسترشدين ص : ٥٠ولا يسن مسح الوجه وغيره بعد القنوت بل قال جمع يكره مسح نحو الصدر. إعانةالطالبين  ١/١٥٩ 


 
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/615555098467302/ oleh Ust. Masaji Antoro,   https://www.facebook.com/groups/196355227053960?view=permalink&id=603589599663852&refid=7 oleh Ust. Ghufron, dan
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/609986599024152/?refid=18 oleh Ust. Timur L
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger