Menurut sebagian pendapat ulama, makmum tinggal mengikuti imam ruku’ dan gugurlah sisa dari bacaan fatihahnya, sedang menurut pendapat yang shahih makmum harus menyempurnakan fatihahnya.
وَإِنْ كَانَ بِأَنْ أَسْرَعَ قِرَاءَتَه
Bila imam shalat cepat bacaannya dan ia ruku’ sebelum makmum merampungk
Bila ia tertinggal
Dalam berdo'a qunut di sunatkan bagi Imam dengan suara keras baik pada
sholat jahriyyah maupun sirriyyah akan tetapi kerasnya kurang dari
kerasnya bacaan fatihah dan surat pada sholat jahriyyah.
Bagi orang yang sholat sendirian berdo'a qunut dengan sirri (tidak keras) secara muthlak .
Bagi makmum yang mendengar qunutnya imam cukup dengan meng-amin-i do'a qunutnya imam (meng-amin-inya dengan suara keras) , adapun pada tsana' (yaitu lafadz fa innaka taqdli walaa yuqdlo 'alaik dan seterusnya) makmum tidak mengamini tsana'nya imam tetapi ikut membacanya dengan suara lirih (tidak keras) atau membenarkannya dengan membaca Asyhadu atau Balaa wa ana 'alaa dzaalka minasy-syahidin atau dengan mendengarkannya saja (namun ikut membacanya lebih utama) kemudian setelah sampai pada bacaan sholawat makmum mengamini sholawatnya imam.
Bagi makmum yang tidak mendengar do'a qunutnya imam maka membaca do'a qunut sendiri dengan suara lirih (tidak keras) .
Baca Minhaj al-qowim ibnu hajar a-Haitami (faslun fii sunan al-i'tidal )
.
"والجهر به للإمام" في الجهرية والسرية للاتباع ولكن الجهر به دون الجهر بالقراءة، وأما المنفرد فيسر به مطلقًا. "وتأمين المأموم" جهرًا إذا سمع قنوت إمامه "للدعاء" منه ومن الدعاء الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم فيؤمن لها. "ويشاركه في الثناء" سرًا وهو: فإنك تقضي ولا يقضى عليك ... إلخ, فيقوله سرًا أو يقول: أشهد أو بلى وأنا على ذلك من الشاهدين أو نحو ذلك أو يستمع والأول أولى. "و" يسن "قنوته" سرًا "إن لم يسمع قنوت إمامه" كبقية الأذكار والدعوات التي لا يسمعها "ويقنت" ندبًا "في" اعتدال الركعة الأخيرة من "سائر" أي باقي "المكتوبات
للنازلة" إذا نزلت بالمسلمين أو بعضهم إن عاد نفعه عليهم كالعالم
والشجاع1 والخوف من نحو عدو ولو من المسلمين والقحط والجراد والوباء
والطاعون ونحوها لما صح أنه صلى الله عليه وسلم فعل ذلك
Bagi orang yang sholat sendirian berdo'a qunut dengan sirri (tidak keras) secara muthlak .
Bagi makmum yang mendengar qunutnya imam cukup dengan meng-amin-i do'a qunutnya imam (meng-amin-inya dengan suara keras) , adapun pada tsana' (yaitu lafadz fa innaka taqdli walaa yuqdlo 'alaik dan seterusnya) makmum tidak mengamini tsana'nya imam tetapi ikut membacanya dengan suara lirih (tidak keras) atau membenarkannya dengan membaca Asyhadu atau Balaa wa ana 'alaa dzaalka minasy-syahidin atau dengan mendengarkannya saja (namun ikut membacanya lebih utama) kemudian setelah sampai pada bacaan sholawat makmum mengamini sholawatnya imam.
Bagi makmum yang tidak mendengar do'a qunutnya imam maka membaca do'a qunut sendiri dengan suara lirih (tidak keras) .
Baca Minhaj al-qowim ibnu hajar a-Haitami (faslun fii sunan al-i'tidal
"والجهر به للإمام" في الجهرية والسرية للاتباع ولكن الجهر به دون الجهر بالقراءة، وأما المنفرد فيسر به مطلقًا. "وتأمين المأموم" جهرًا إذا سمع قنوت إمامه "للدعاء" منه ومن الدعاء الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم فيؤمن لها. "ويشاركه في الثناء" سرًا وهو: فإنك تقضي ولا يقضى عليك ... إلخ, فيقوله سرًا أو يقول: أشهد أو بلى وأنا على ذلك من الشاهدين أو نحو ذلك أو يستمع والأول أولى. "و" يسن "قنوته" سرًا "إن لم يسمع قنوت إمامه" كبقية الأذكار والدعوات التي لا يسمعها "ويقنت" ندبًا "في" اعتدال الركعة الأخيرة من "سائر" أي باقي "المكتوبات
شهرًا2 لدفع ضرر
عدوه عن المسلمين، وخرج بالمكتوبة النفل والمنذورة وصلاة الجنازة فلا يسن
فيها
Dan mengusap wajah setelah qunut tidak disunahkan
.لا يسن مسح الوجه في أدعية الصلاة أصلا عندنا ولا رفع اليدين إلا في القنوت للإتباع وزاد أحمد مسح الوجه فيه أيضا. بغية المسترشدين
https:// www.faceboo k.com/ groups/ piss.ktb/ permalink/ 61555509846 7302/ oleh Ust. Masaji Antoro,
https:// www.faceboo k.com/ groups/ 19635522705 3960?view= permalink& id=6035895 99663852&r efid=7 oleh Ust. Ghufron, dan
https:// www.faceboo k.com/ groups/ piss.ktb/ permalink/ 60998659902 4152/ ?refid=18 oleh Ust. Timur L
https://
Posting Komentar