Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Haruskah Mandi? (2)

Haruskah Mandi? (2)


Penting kiranya mengetahui perbeda­an definisi antara sperma dan cairan lain­nya yang keluar dari kemaluan laki-laki atau perempuan, supaya tidak salah da­lam menghukuminya apakah itu sperma atau bukan:

1.   Sperma 

Sperma adalah cairan kental ber­warna putih yang keluar ketika syah­wat mencapai puncaknya (orgasme) dan diakhiri dengan rasa lemas ba­dan setelah mengeluarkannya, dan kondisi sedemikian itu adalah pada umumnya. 

Dan pada cairan ini ada tiga tanda, yang pertama keluarnya sperma diiringi dengan kenikmatan, yang kedua keluarnya tidak sekali­gus akan tapi bertahap sampai be­berapa kali, yang ketiga bau sperma: jika masih basah seperti bau adonan tepung, dan jika sudah kering seperti bau putih telur. 

Sedangkan hukum­nya suci dan wajib mandi besar jika mengeluarkannya.

2.   Madzi 

Madzi adalah cairan berwarna be­ning agak lengket yang keluar dari se­seorang ketika terangsang. 

Cairan ini dalam kedokteran disebut lubri­kasi, yang berguna sebagai pelumas ketika berhubungan badan.

Sedang­kan hukumnya najis dan mewajibkan wudhu’.

3.   Wadzi 

Wadzi adalah cairan kental berwarna putih mirip sperma tetapi keluarnya bu­kan dengan syahwat, biasanya ke­luar setelah kencing, atau ketika meng­angkat suatu yang berat atau stres dan banyak pikiran, atau juga keluarnya karena kuman kandida.

Cairan ini juga dikenal dengan sebut­an keputihan (bagi wanita). Sedangkan hukumnya najis dan mewajibkan wudhu’.

Jika mendapatkan cairan di dalam ce­lana dan ragu akan hal itu, sperma atau madzi, hukumnya adalah, jika tidak meyakini salah satunya, terserah dalam me­milih antara keduanya. 

Jika memilih sperma, berarti wajib mandi dan tidak wa­jib dicuci celana dalam tersebut, ka­rena sperma hukumnya suci. 

Dan jika memilih madzi, harus mencuci celana dalamnya, karena madzi hukumnya na­jis, dan cukup berwudhu’ ketika akan me­laksanakan shalat.



Habib Segaf bin Hasan Baharun, M.H.I., Pengasuh Pondok Puteri Pesantren Darul Lughah wad Da’wah, Bangil, Jawa Timur
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger