Masalah membacakan Ayat Quran (surat Yaasiin dan Arra'du) pada orang yang sakaratulmaut memang ada anjurannya :
ويستحب
أن يقرأ عند سورة ( يس )
واستحب
بعض التابعين سورة ( الرعد ) أيضا
Dan
disunahkan membacakan surat Yaasiin pada orang yang sakit keras (sakarat
almaut) sebagian para taabi’iin juga mensunahkan dibacakan surat arra’du (Roudhotut Thoolibiin II/97).
وفي
رباعيات أبي بكر الشافعي: ما من مريض يقرأ عند يس إلا مات ريانا، وأدخل قبره
ريانا، وحشر يوم القيامة ريانا.
قال
الجاربردي: ولعل الحكمة في قراءتها أن أحوال القيامة والبعث مذكورة فيها، فإذا
قرئت عليه تجدد له ذكر تلك الاحوال.
(وقوله:
والرعد) أي ويسن أن يقرأ عنده الرعد أي لقول جابر بن زيد: فإنها تهون عليه خروج
الروح.
Dalam
seperempat bahasan milik Abi Bakar assyafi’i dijelaskan :
“Tidak
seorang yang sakit (keras) dibacakan surat yaasiin kecuali bila meninggalnya
dalam keadaan lega, saat memasuki kuburnya juga lega, saat digiring dihari
qiyaamat juga lega”
Imam
AlJarbardy berkata “Hikmah membacakan Yasiin adalah sesungguhnya keadaan hari
Qiyamat dan kebangkitan disebut dalam surat tersebut, maka saat dibacakan dapat
memperbaharui ingatannya kembali tentangnya”
Disunahkan juga membacakan surat arra’du berdasarkan riwayat Jabir bin Zaid “sesungguhnya surat Arra’du dapat memudahkan keluarnya ruh”
وروي.
ما
من ميت يقرأ عنده يس إلا هون الله عليه.
ويستحب
- إذا احتضر الميت - أن يقرأ عنده أيضا سورة الرعد فإن ذلك يخفف عن الميت سكرة
الموت، وإنه أهون لقبضه، وأيسر لشأنه.
Dalam
sebuah riwayat dijelaskan “Tidak seorang yang (hendak) meninggal saat dibacakan
yaasin kecuali Allah memudahkannya”
Disunahkan
juga saat menjemput kematian dibacakan surat Arra’du karena yang demikian dapat
meringankannya dari sakarat almaut, mempermudah tercabutnya ruh, dan
meringankan keadaannya. (Hasyiyah Iaanah at-Thoolibiin II/107,164).
قوله
( وأن يقرأ عنده يس ) أي بتمامها روى الحرث بن أسامة أن النبي صلى الله عليه وسلم
قال من قرأها وهو خائف أمن أو جائع شبع أو عطشان سقي أو عار كسي أو مريض شفي دميري
وصح في حديث غريب ما من مريض يقرأ عليه يس إلا مات ريانا وأدخل قبره ريانا ع ش على
م ر
يندب
قراءة الرعد عنده لأنها تسهل طلوع الروح والمراد أن يقرأها بتمامها إن اتفق له ذلك
وإلا فما تيسر له منها ولو تعارض عليه قراءتهما فهل يقدم يس لصحة حديثها أو الرعد
فيه نظر
وينبغي
أن يقال بمراعاة حال المحتضر فإن كان عنده شعور وتذكر للقبر والبعث قرأ سورة يس
وإلا قرأ سورة الرعد
ع
ش على م ر
(Hasyiyah Al Bujairomi I/449)
Wallaahu
A'lamu Bis showaab.
Ust. Masaji Antoro
+ comments + 3 comments
Tanya, apakah rosul membaca surat yasin
Sebagaimana disebutkan dalam suatu riwayat yang shahih, Ahlaq rasul adalah qur'an dan Yaa siin adalah salah satu surat di al Qur'an. bagaimana seseorang bisa berahlaq qur'an sementara dia tidak tahu al qur'an??
Tanya, pak pak budi:apakah rosul main HP??
Posting Komentar